mayangkoto

my story, my life


Tinggalkan komentar

Sulam Bullion – Dari mawar liar hingga bunga-bunga liar karangan Jenny Bradford

Buku ini udah lama banget aku idam-idamkan dari pertama kali terbit di tahun 2011. Ada aja dulu alasanku buat gak ngebeli buku ini. Kapan-kapanlah, inilah, itulah. Mungkin karena harganya lumayan, 50ribuan untuk buku yang lumayan tipis #pelitmodeon 😛 . Sampai suatu ketika aku mantapkan diri untuk beli buku ini, buku ini tiba-tiba menghilang 😯 . Di sari anggrek gak ada di gramedia juga 😥 . Terbersit keinginan untuk beli buku ini secara online, tapi rata-rata stok kosong sehingga aku jadi lupa kalo aku pengen banget punya buku ini…

Tanggal 30 April kemaren (harinya gajian 😛 ) sperti biasa aku langsung menuju ke gramedia sepulang kerja. Biasa cuci mata buku bagus yang dipajang di bazar buku murahnya gramed. Ada buku-buku yang aku incer macam serial anne apa anie ya judulnya (lupa 😛 ) karangan L.M. montgomery sama cerita tentang penggalian situs kerajaan china dan satu lagi tentang gadis uighur gitu. Ternyata aku gak nemuin buku-buku itu ditempat dimana buku-buku itu sebelumnya diletakkan, sedih banget 😥 . Yah karena gak nemu buku inceranku, keliling-keliling. Mataku nangkep buku ini!!!

5

Buku sulaman yang kuidam-idamkan akhirnya nongol kembali, bahkan dengan harga miring. Gak akan disia-siakan!!! . Demi apa aku bisa dapetin buku ini, secara gak sengaja pula. Gak akan ada kesempatan kedua, belum tentu ni buku bakalan stay terus di bazar buku gramedia. Buku ini tu dibandrol Rp.25.000 aja, murah banget. Setelah milih buku lain, capcus deh dibayar dan segera pulang ke rumah karena udah penasaran banget sama buku ini 😀

Buku ini berisi instruksi lengkap cara membuat bullion. Boleh dibilang lebih lengkap dari buku karangan lokal. Dan kalo orang luar bikin buku dan ngasih pola. Mereka akan ngasih pola sebesar proyek asli, atau ngasih skalanya. Gak kayak buku lokal. Karyanya gede, pola kecil. Gak ada skala pula. Kita disuruh ngira-ngira sendiri 😕 . Selain itu buku luar,  contohnya buku ini, kan ngasih beberapa project tu. Kita bener-bener dituntun. Pake benang merek apa, warna apa, make sulaman apa, berapa helainya. Gak kayak buku sini, cuma ngasih foto hasil jadi sulamannya, beberapa jenis sulaman yang dipakai, dan pola yang kecil, dah gitu aja. Warna benangnya apa kita disuruh ngira-ngira sendiri, jenis benangnya apa kita gak tau, musti kira-kira sendiri. Kalo bikin proyek dari pola yang dikasih buku lokal kita memang musti harus pake jurus mengira-ngira. Karena pengarang buku lokal rada pelit atau memang pelit untuk ngejabarin proyek-proyek dibukunya, hmm

Ya sudahlah, kita tinggalkan buku lokal dan segala permasalahannya. Aku udah nyoba bikin big bullion rose dari buku ini. Aku penasaran banget sama big bullion rose. Soalnya kalo buku lokal cuma ngasih bullion bentuk 3 lapis yaitu terdiri dari inti mawar yang dibikin dari 3 french/colonial knot yang dibikin seperti segitiga. Kemudian dilapis 3 buah bullion sehingga membentuk segitiga, baru lapisan luar berupa 5 atau 6 tusuk bullion sehingga menghasilkan bentuk bunga mawar. Nah sampe situ aja pengetahuanku untuk bikin mawar bullion. Aku penasaran gimana caranya suoaya bisa menghasilkan mawar bullion yang besar. Tapi di buku-buku lokal yang kubeli, cuma diajarin ampe sana aja 😦 . Tapi akhirnya lewat buku ini aku ngerti gimana caranya 😀 , mari kita liat penampakan big bulion rose-ku :

4

Masih belum rapi, masih harus banyak latihan. Kata si pengarang emang gitu. Kalo mau mahir ya harus banyak latihan bikin bullionnya. ini sebenarnya tiga lapis juga, jumlahnya juga sama. Cuma caranya agak beda. Untuk inti mawar terdiri dari tiga tusuk bullion yang dibikin sejajar seperti ini ||| sehingga ukuran mawar nantinya jadi besar. Nah untuk lapis keduanya dimana mawar kecil tadi kan untuk lapisan keduanya terdiri dari 3 tusuk bullion yang membentuk segitiga, yang mawar besar ini lapisan keduanya ini juga tiga tusuk bullion, tapi tekniknya beda. Lapis ketiga juga 6 tusuk bullion. Dan masih ada cara untuk bikin real big bullion rose, tapi aku belom coba 😀 . Ntar deh lain kali, kalo aku udah mahir aku bikin tutorialnya 🙂

Sekian dulu, semoga dalam waktu dekat bisa jadi lebih mahir bikin bullion rose sehingga nanti bisa bikin tutorialnya 🙂


7 Komentar

Peacock Punch Needle Embroidery

Akhirnya aku berhasil meyelesaikan karya punch needle embroideryku yang lain. Berikut penampakannya

2

Dapet polanya dari buku 38 Kreasi Sulam Apik karangan Ira Dhyani Indira, review bukunya aku udah tulis disini. Sebenarnya, ini kalo ngikutin petunjuk di bukunya dibuat dengan menggunakan teknik hongary embroidery. Awalnya aku udah nyoba make hongary embroidery itu. Btw sedikit info, hongary embroidery itu sulaman yang kayak satin stitch, cuma agak lebih berisi gitu. Karena pola di buku itu kecil jadi aku rada kesulitan gitu buat nyulam satinnya itu. Nyerah (sebenernya males 😛 ) Aku ganti teknik. Aku make punch needle embroidery yang sangat gampang dan sangat cepet selesainya 😛

Akhirnya jadi ni merak, setelah sempet mangkrak selama beberapa minggu 😀


Tinggalkan komentar

Arrived :)

Akhirnya po-an 2 dimensions stamped kit ku nyampe kemaren, senengnya ^^. Makasih mbak Toko Kristikku 🙂 . Berikut ini penampakannya :

3

Nah semalem aku langsung nyobain yang Today is a gift. Ituloh yang gambarnya kupu-kupu 😀

Sebenarnya aku gemesnya mo bikin yang Reading Room Welcome dulu, tapi apa daya pembidangan q-snap ku belum ada. Masih nunggu barangnya (po) dateng 2 bulan lagi. Jadilah aku bikin Today is a gift dulu. Secara aku juga udah nyiapin frame untuk kit yang ini. Jadi udah gak sabar banget pengen mulai ngerjainnya 😀

1

Gampang kok ternyata, heheh. Aku ngikutin cara suhu kristik mbak pingkan aja. Kalo beliau ngerjain sulamannya duluan kayak satin stitch gitu baru abis itu ngerjain kristiknya. Itu semua satin stitchnya udah kelar. Bisa diliatkan tepi-tepi sayap kupu-kupunya, itu dikerjain make teknik satin stitch. Lumayanlah hasilnya, walaupun ada yang kurang rapi dikit. Itu karena benangnya musti make tiga helai. Harap dimaklumi kalo enggak rapi ya 😛

Dan untuk kristiknya aku udah mulai dikit, moga ntar malam kelar :D. Ternyata memang benar, kristik di kain rapat itu, mo segimanapun kita berusaha untuk rapi tetep aja gak bisa rapi. Aku awalnya ngeremehin lo, dalam hati bilang gini “masa’ gak bisa rapi” dll. Tapi ternyata pas nyoba sendiri, ternyata memang bener 😥 . Padahal udah dikerjain sesuai cetakan “X” nya itu. Tapi entah kenapa ntar jadinya berasa ada yang kecil ada yang gede, padalah jahitnya gak melenceng dari pola, bingung 😕

Yah segitu dulu deh, ntar kita liat gimana hasil akhirnya, bakalan rapi jali or ancur 😛
Moga malam ini kelar jadi besok aku bisa ngepost artikelnya disini 🙂