mayangkoto

my story, my life

Gasiang Tangkurak

4 Komentar

Hari minggu malam, Trans 7 nayangin film berjudul gasing tengkorak. Sesuai namanya, film ini terinspirasi dari ritual mistis orang minang. Yang merupakan jenis guna-guna yang bertujuan membalas dendam, mencelakai orang, atau untuk memiliki seorang wanita. Jadi saya penasaran kan pengen tau lebih lanjut tentang gasiang tangkurak. Berikut hasil penelusuran saya 😀

Gasiang tangkurak berbentuk gasing tali. Cara penggunaannya dengan memutar-mutar tali gasing. Beda dengan gasing lempar ya. Kira-kira seperti ini penampakannya

Kira-kira seperti itu penampakannya. Tapi di film malah yang digunakan gasing lempar. Jadi kurang akurat menurut saya

Penjelasan lebih lanjut bisa cek ke sini. Malas nyalinnya 😀 . Intinya gasing tengkorak itu gasing yang terbuat dari tengkorak manusia. Yang dipakai untuk mengguna-guna orang lain. Ketika Anda terkena pengaruh mantra gasiang tangkurak, maka datanglah penyakit bernama sijundai. Sakit sijundai ini bisa bikin orang teriak-teriak, narik rambut sendiri, manjat dinding, dll.

Ini mantra gasiang tangkurak yang saya kutip dari sini :

Hei Inyiak Sialebace nan diam dipintu langik (Wahai Mbah Sialebace yang berdiam di pintu langit)

Hei Inyiak Sialelinta nan tagak dipintu bumi (Wahai Mbah Sialelinta yang berdiri di pintu bumi)

Mangko turun sarato patuih,mangko tibo sarupo kilek kabadan diri SI ANU ( nama orang yang dituju ) (Supaya turun beserta petir, supaya datang seperti kilat ke badan diri si anu)

Baolah pasan dari ambo (Bawalah pesan dari saya)

Pasan sarato Gasiang Tangkurak (Pesan beserta gasing tengkorak)

Kok nyo lalok tolong jagoan (Jika dia tidur tolong bangunkan)

Koknyo tagak suruah bajalan sujuik nyo dikaki ambo (Jika dia berdiri suruh berjalan bersujud di kaki saya)

Gasiang banamo …………..( nama orang yang punya tengkorak ) (Gasing bernama ………(nama yang punya tengkorak))

Mati tabujue basimbah darah (Mati terbujur bersimbah darah)

Kafan kaganti talinyo (Kafan sebagai pengganti talinya)

Putuihlah gasiang putuih makripaik (Putihlah gasiang putuih makrifat)

Tabang malayang karumah SI ANU (Terbang melayang ke rumah si anu)

Mantra ini cuma efektif kalau ada medianya yaitu gasing tengkorak. Kalau cuma dibaca begini aja ya gak ngefek 😀

Saya gak tau apakah jaman sekarang masih ada yang mempraktikkan ilmu ini. Tapi selama masih ada dukun sepertinya ilmu mistis bakalan tetap ada ya

Gasiang tangkurak dan sijundai diabadikan menjadi lagu minang oleh salah satu pengarang kebanggan orang minang. Yaitu Bapak Tarun Yusuf . Berikut liriknya

Gasiang Tangkurak

Indak kayu …, mak janjang dikapiang (Tidak ada kayu mak, tangga dikeping)
Asakan dapek urang den cinto (Asalkan dapat orang yang kucinta)
Tolong tangkurak namonyo gasiang (Tolong kepada tengkorak namanya gasing)
Namuah disuruah jo disarayo (Mau disuruh dan diseraya)

Gasiang batali jo kain kapan (Gasing bertalikan kain kafan)
Di patang kamih malam jumahaik (Di petang kamis malam jumat)
Gasiang tangkurak nan den nyanyikan (Gasing tengkorak yang kunyanyikan)
Putuihnyo gasiang putuih makripaik (Putusnya gasing putus makrifat)

Lah manggabubu asok kumayan (Sudah mengepul asap kemenyan)
Urang di dunie banyak kiramaik (Orang di dunia banyak keramat)
Tolong … tolong lah jihin si rajo hawa (Tolong, tolonglah jin si raja hawa)

Gasiang tangkurak baoklah pasan (Gasing tengkorak bawalah pesan)
Jikok nyo lalok tolong jagokan (Jika dia tidur tolong bangunkan)
Jikok nyo tagak suruah bajalan (Jika dia berdiri suruh berjalan)
Di siko kini denai nantikan (Di sini aku nantikan)

Reff:

Tolonglah japuik, japuik tabaok (Tolonglah jemput, jemput terbawa)
Suruah nyo sujuik di kaki denai (Suruh dia bersujud di kakiku)
Jikok tak namuah tanggang* matonyo (Jika tidak mau tanggang matanya)
Tanggang salero bia nyo rasai (Tanggang selera biar dia rasain)
Datang sijundai bia nyo gilo (Datang sijundai biar dia gila)
Siang jo malam, nyo cari denai (Siang dan malam, dia cari saya)
Baru … baru nyo sanang dek kiro-kiro (Baru, barulah senang kira-kira)

Kalau yang ini ceritanya perempuan yang terkena mantra gasing tengkorak

Kanai Sijundai (Kena Sijundai)

Pincuran Gadiang sati lubuaknyo (Pincuran gading sakti lubuknya)
Lurah dihuni urang bunian (Lurah dihuni orang bunian)
Gunuang Singgalang ba ula nago (Gunung Singgalang berular naga)
Jurangnyo dalam rimbo larangan (Jurangnya dalam rimba larangan)

Tasabuik setan si bujang hitam (Tersebutlah setan si bujang hitam)
Suruhan jihin si rajo hawa (Suruhan jin si raja hawa)
Denai nyo sentak di tangah malam (Aku disentak di tengah malam)
Japuik ndak dapek tunggu sabanta (Jemputan yang tidak bisa ditunda)

Ulah tangkurak namonyo gasiang … (Ulah tengkorak namanya gasing)
Datang panyakik namo sijundai … (Datang penyakit nama sijundai)

Mulo taraso kapalo paniang (Mula terasa kepala pusing)
Tadanga urang maimbau denai (Terdengar orang memanggil aku)
Raso di lurah Pincuran Gadiang (Seperti berada di lurah pincuran gading)
Dibaok angin nyo sayuik sampai (Dibawa angin sayup sampai)

Asok kumayan nan lah mambubuang (Asap kemenyan yang sudah membubung)
Sinan nyo baka si jantuang pisang (Di situ dia bakar jantung pisang)
Sairiang salak anjiang maluluang (Seiring salak anjing melolong)
Mangkuih ilimu si tujuah rajang (Mangkus ilmu si tujuh rajang)

Raso ka putuih hati jo jantuang (Seperti akan putus hati dan jantung)
Nyao di badan raso ka tabang (Nyawa di badan seperti mau terbang)
Tujuah lapisan langik den jujuang (Tujuh lapisan langit kujujung)
Bumi den pijak raso tapanggang (Bumi kuinjak rasa terpanggang)

Ulah tangkurak namonyo gasiang … (Ulah tengkorak namanya gasing)
Datang panyakik namo sijundai … (Datang penyakit nama sijundai)

Tabang marayok mamanjek dindiang (Terbang merayap memanjat dinding)
Kini malata di ateh lantai (Sekarang melata di atas lantai)
Runtuah lah iman hati bapaliang (Runtuhlah iman hati berpaling)
Kasiah nan indak dapek dilarai (Kasih yang tidak dapat dilerai)

Ulah tangkurak namonyo gasiang …(Ulah tengkorak namanya gasing)

 

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

4 thoughts on “Gasiang Tangkurak

  1. Sepertinya ko serem ya Mayang tuh filmnya 😀 . Trus bisa ga sih mantranya ditangkal gitu?.

    Suka

  2. “Mantra ini cuma efektif kalau ada medianya yaitu gasing tengkorak. Kalau cuma dibaca begini aja ya gak ngefek”

    Sebelum membaca ini, asli aku baca mantranya lompat-lompat kaaakkk….
    wkwkwkwk…
    di zaman semodern ini aku masiiih baca lompat-lompat karna takut mantranya ngefek….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s