mayangkoto

my story, my life

Orderan Pertama

6 Komentar

Ceritanya saya dapet orderan bikin kue untuk pertama kalinya 😀 . Walaupun yang order adek sendiri tapi ya yang penting dapet orderan hehehe. Adek saya order kue bolu 4 biji. Saya pun bingung mau pake resep yang mana ya. Terus kepikiran pengen buat bolu kecebong. Soalnya lagi kekinian kan, orang-orang pada heboh bikin bolu kecebong. Saya penasaran kan, jadi sebelum hari h saya nyoba bikin bolu kecebong. Kalo oke bakalan saya bikin lagi buat orderan adek saya itu. Saya nyoba resep yang ini :

Setelah kuenya mateng waktunya kue dikeluarin dari loyang kan. Nah waktu saya ngebalik kuenya dengan bantuan cooling rack kuenya langsung kepotong sekalian sama si cooling rack 😀 😀 😀 . Hancur deh tu kue 😀 . Rapuh banget kuenya. Saya nyoba makan dikit enak sih. Tapi gak berniat makan lagi, habis penampakannya begitu 😀 . Akhirnya kuenya dihabisin sama ayah saya.

Gak ngerti juga kenapa bolunya bisa hancur begitu. Jadi ya saya gak bisa pake resep ini buat orderan adek saya. Mama saya ada resep bolu sendiri, tapi ya resep mama saya itu kurang oke kalo buat jualan 😀 . Rasanya enak tapi kalo dikunyah itu bikin pegel mulut. Gak keras sih bolunya cuma entah kenapa kalo saya makan pasti capek sendiri ngunyahnya 😀

Akhirnya saya pake resepnya uni femi. Saya modif jadi 5 telor aja. Soalnya kalo pake 6 telur adonannya jadi tumpah ruah waktu dipanggang. Saya pake metode all in one. Maksudnya semua bahan kecuali lemak dikocok bersamaan.

Ini resepnya. Marmer cake ala Mayang ( 😀 ) . Siapkanloyang tulban ukuran 20 yang sudah diolesin margarin dan ditaburi tepung

Bahan-bahan :

-Telur : 5 butir
-Tepung terigu protein sedang (segitiga biru) :125 gr
-Gula pasir : 125gr
-Tepung maizena : 15gr
-Susu bubuk : 15gr
-Emulsifier (sp/tbm/ovalet) : 1 sdt
-Vanili (bubuk atau cair) : 1 sdt
-Mentega/margarin :100gr . Minyak goreng 25gr. Lelehkan, dinginkan.
-Pasta pandan (optional)
-Pasta coklat untuk membentuk motif marmer
Karena saya mau bikin bolu meises. Maka saya menggunakan butter cream sebagai olesan dan meises coklat sebagai taburannya.

PENTING untuk memecahkan telur di wadah lain satu per satu. Jangan langsung dimasukin ke wadah adonan ya. Selama ini saya beli telur belum pernah dapet telur busuk. Jadi waktu bikin bolu kecebong saya pede banget langsung masukin telor ke wadah adonan. Pas telur kelima ternyata busuk. Waduh rugi 5 telor 😥 . Jadi walaupun ribet mecahin telur satu per satu di wadah lain tapi lebih terjamin.

Panaskan oven dengan suhu 170-180’c selama 15 menit. Campur semua bahan kecuali lemak. Kocok dengan speed rendah sampai tercampur rata. Setelah rata naikkan speed ke level paling tinggi. Kocok hingga adonan putih kaku kental berjejak. Saya gak bisa nyebutin berapa menit karena ini tergantung mixer masing-masing. Oiya kalo mau bolu rasa pandan jangan lupa ditambahin pasta pandannya. Setelahnya baru kita masukkan lemaknya. Mentega/margarin cair yang sudah ditambahkan minyak harus dalam keadaan dingin ya. Kalau masih panas nanti kuenya bantat. Dan lemak harus benar-benar tercampur dengan adonan telur ya. Karena kalau tidak nyampur itu juga bisa bikin kue bantat. Saya campur lemak dengan sedikit adonan telur jadi nanti lemaknya gampang ngeblend dengan adonan telurnya

Setelah adonan tercampur rata. Ambil sedikit adonan untuk dicampur dengan pasta coklat.

Tuang adonan ke dalam loyang. Lalu bubuhi dengan adonan yang sudah diberi pasta coklat tadi. Bentuk motif menggunakan garpu/tusuk gigi/tusuk sate. Panggang adonan selama 45 menit

Setelah 45 menit. Tes tusuk dengan tusuk sate. Kalau sudah tidak ada adonan yang menempel berarti kue sudah matang. Keluarkan kue dari dalam loyang. Dinginkan, supaya kalau diolesi butter cream, butter creamnya tidak meleleh. Taburi dengan meises.

Ini dia penampakannya :

29339521_1649759591773723_7445151221490384896_n

Menggugah selera deh 😀 . Saya begadang nyelesein ini jumat malam minggu kemaren. Pake drama meises pula. Ceritanya udah beli meises kiloan. Tapi ternyata meisesnya gak enak 😥 . Kalo kita aja gak suka sama meisesnya gimana orang kan. Akhirnya beli lagi meises kemasan yang merek safari. Pas kue-kue ini selesai saya jadi ngiler kan. Paginya saya bikin lagi untuk dinikmati sekeluarga. Rasanya memang enak 😀 . Bolu pandan meises memang tiada duanya 😀

Gimana perasaannya dapet orderan? Sueneng tapi cuapek, soalnya saya kan kerja juga. Sampe rumah bikin kue banyak itu rasanya sesuatu hahaha. Jadi kagum sama bakulers yang kerja iya, jualan kue juga iya. Gimana ngatur waktunya tu, apa gak remuk ya badannya 😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

6 thoughts on “Orderan Pertama

  1. Selamat buat orderannya Mayang, semoga nyusul orderan berikutnya yaa, aku pengen order kejauhan hehe 😀 . Foto terakhir tuh kukira donat loh 😆 . Bolu kecobong resepnya sama ya dh bolu marmer? bednya cuma dikaish titik2 coklatnya?.

    Suka

    • makasih kak 😀

      hahaha, habis bolunya pake loyang tulban jadi kayak donat ya kak 😀

      iya kak mirip marmer, modif di motifnya aja. dan beda resep. menteganya banyak banget kalo bolu kecebong

      Suka

  2. Haiss kk niii…
    Bikin aku pengen masaaak.
    Tapi cuma sampe di pengen aja. Hahaha.

    Suka

Tinggalkan komentar