mayangkoto

my story, my life


2 Komentar

Pisang Goreng Nugget Coklat

Jadi ceritanya fp c channel ini mondar mandir di fb saya padahal gak saya like. Pas liat ini eh kok keliatannya gampang. Jadi pengen nyoba bikin 😀 . Kapan-kapan deh saya eksekusi, beli pisang dululah hahaha Baca lebih lanjut

Iklan


12 Komentar

Brownies Kukus

Ternyata sudah dua bulanan saya tidak menulis di blog ini ya. Udah lama banget, sebenernya udah pengen cerita macam-macam. Udah sempet dibikin, tapi ujung-ujungnya cuma jadi draft doang. Entah kenapa semangat bikin artikelnya padam di tengah jalan hahaha. Kali ini saya mau cerita pengalaman saya bikin brownies kukus. Pasti pada tau ya brownies kukus terkenal merek amanda hahaha. Kan rasanya enak banget tu. Plus di tengah ada semacam lapisan coklat gitu, nah saya penasaran pengen buat . Berdasarkan resep yang beredar, lapisan tengah itu terbentuk karena adonann dicampur dengan susu kental manis, hmm. Baca lebih lanjut


Tinggalkan komentar

Bikin Brownies Yuk

Yang pakai facebook, pasti di TLnya wara-wiri aneka resep kan ya. Nah biasanya resep-resep yang menarik mata saya kumpulin semua. Tapi satupun belum ada yang dibikin 😀 . Akhirnya beberapa hari yang lalu, kesampaian juga untuk membuat suatu resep. Yaitu brownies teflon. Bahannya gampang didapat dan sepertinya gampang sekali membuatnya.

Bahan :

  • Telur ayam 3 butir
  • Gula 6 sdm
  • Terigu 6 sdm
  • Minyak makan 6 sdm
  • Milo sachet 18 gr 4 bungkus
  • Mises secukupnya
  • Mentega/margarin secukupnya untuk olesan teflon

Cara membuat :

  • Kocok telur dan gula menggunakan garpu atau ballon whisk (saya pakai ballon whisk). Tujuannya hanya agar gulanya larut saja. Jadi tidak perlu menggunakan mixer
  • Setelah gula larut, masukkan terigu, milo, dan gula. Aduk sampai adonan tercampur rata. Habis itu tuang ke dalam teflon yang sudah diolesi margarin/mentega. Masak menggunakan api kecil. Apa ya namanya itu, dudukan tempat kuali/pan/panci di kompor gas itu ditambahin jadi ada dua gitu. Supaya nanti browniesnya gak cepet gosong
  • Pas menjelang browniesnya hampir matang. Bagian atas masih basah, masukkan mises
  • Setelah permukaan kering tinggal diangkat browniesnya

Resep aslinya begitu, tapi kata yang bikin karena dia gak ada teflon yang kecil, dia pakai Happycall. Jadi semua resep di atas dikali 2. Terus dia tambahin baking powder 1 sdt sama baking soda juga 1 sdt, biar ngembang katanya. Gak pakai baking powder/baking soda pun gak apa-apa karena brownieskan memang kue bantet hehehe. Nah kalau saya, karena mau ikutan pake happycall (hakashima double pan) juga makanya resep pun ikut dikali dua. Tambahin baking soda dikit. Kata mama kalau baking powder sama baking soda ditambahin sebanyak itu yang ada nanti kuenya jadi pahit << bener gak?

Jadilah malam-malam saya bikin si brownies. Pas browniesnya masih setengah matang saya taburi mises di permukaannya sebanyak-banyaknya. Biar maknyus, saya pecinta coklat :mrgreen: . Dan setelah akhirnya matang dicobain deh. Ternyata teksturnya gak ada mirip-miripnya sama brownies. Lebih mirip bolu, tapi dengan tekstur yang lebih keras, gimana ya jelasinnya. Gak selembut bolu gitu. Terasa agak pahit, mungkin bener kata si mama, efek ditambahin baking soda. Emang sih browniesnya jadi lebih ngembang hehehehe. Apa karena ditambahin baking soda jadi ngefek ke teksturnya juga ya?

Setelah disantap, lumayan laris :D . Maaf gambarnya burem hehehe

Setelah disantap, lumayan laris 😀 . Maaf gambarnya burem hehehe

Lumayan enak rasanya, tapi ya itu teksturnya agak keras. Bikin capek ngunyahnya 😀 . Lumayan gede juga nih modalnya. Yang bikin modalnya gede itu si milo. Musti pakai 8 sachet hehehe


Tinggalkan komentar

Mi Rebus Bayam

Saat menguleni adonan jika masih berbentuk remahan, terus uleni sampai adonan kalis (menyatu ). Jika menambahkan air, hasilnya akan terlalun lembik dan sulit untuk dicetak mi (lengket)
Untuk 2 Orang
Bahan

4 sendok makan air bayam *)
2 gelas tepung terigu protein tinggi
2 sendok makan tepung sagu
1  butir telur ayam ukuran kecil
Garam

 

Caranya :

Aduk semua bahan dan uleni sampai kalis, diamkan selama 15 menit.
Giling tipis dengan gilingan mi bertahap, dari no 1-9
Potong dengan pemotong mi lebar. Tabur dengan sedikit terigu, agar tidak lengket.
Didihkan 5 cangkir air dan 1 sendok the minyak goreng. Masukkan mi,  masak sampai matang,
Tiriskan, siram dengan air dingin, tiriskan.

*) Air bayam :  1 cangkir daun bayam, blender dengan 3 sendok makan air hingga halus, saring dengan kain tipis

cr : https://id.she.yahoo.com


Tinggalkan komentar

Resep Wafer Sembunyi

Wafer Sembunyi

Bahan :
– Tepung terigu 150 gram, sangrai –
– Tepung maizena 75 gram –
– Susu bubuk 25 gram –
– Kacang tanah 100 gram, panggang, haluskan –
– Margarin 100 gram –
– Mentega 75 gram –
– Kuning telur 2 butir –
– Gula halus 75 gram –
– Wafer coklat 150 gram, siap pakai –

Olesan :
– Kuning telur 1 butir –
– Susu cair 1/2 sdt –

Taburan :
– Keju cheddar 50 gram, parut –

Cara membuat :
1. Kocok margarin, mentega, kuning telur dan gula halus hingga mengembang lalu masukkan semua bahan yang lain kecuali wafer, aduk rata dan diamkan selama 10 menit dalam lemari es.
2. Gilas adonan setebal 2 mm, letakkan wafer detengahnya berjajar, bungkus dengan adonan kulit, gulung sambil dipadatkan. Potong-potong sesuai garis wafer, tata dalam loyang datar yang telah diolesi margarin. Oles permukaannya dengan bahan olesan lalu taburi keju parut secukupnya, panggang dalam oven dengan suhu 170oC hingga matang selama 20 menit, angkat.
3. Sajikan.

Untuk 400 gram

Lezat – Edisi 016 – Tahun 1 / 21 oktober – 7 november 2004


Tinggalkan komentar

Cornflakes Coklat

Bahan-bahan

Cokelat Batang 250 gram
Corn Flake 1/4 kg
Gula Mutiara 0 gram
Air secukupnya
Cup Kertas Kecil secukupnya

Cara membuat

1

– Rebus air dalam panci sampai mendidih – Potong coklat batang dan masukkan dalam mangkok tahan panas (bisa buat melelehkan coklat diatas air mendidih di panci) – Letakkan mangkok coklat diatas air mendidih sampai coklat meleleh

2

– Angkat coklat yang telah dilelehkan, diamkan sebentar – Siapkan cornflakes dimangkok berbeda, lalu tuangkan lelehan coklat dalam kondisi hangat (klo terlalu panas bisa meleleh cornflakesnya) – Aduk dan campur coklat dengan cornflakes

3

– Bentuk bulatan dari adonan coklat dan cornflakes dengan cepat lalu masukkan di cup kertas (jangan sampai terlalu dingin adonannya) – Susun rapi cup kertas yang telah diisi adonan dan hias dengan gula mutiara