mayangkoto

my story, my life

Membuat Telur Gulung

3 Komentar

Siapa yang hobi jajanan abang-abang? Saya juga suka banget 😀 . Nah salah satu yang biasanya dijual oleh abang-abang adalah telur gulung. Bisa cuma telur tok yang digulung, atau mihun, atau sosis, atau nuget, dan bakso juga ada. Banyak ya, kalo saya biasanya sukanya sosis, nuget, dan bakso jadi isian telur gulungnya. Kalau si abang-abang lagi bikin telur gulung kayaknya gampang banget ya. Tinggal tuang telur, Masukin sosisnya, gulung-gulung jadi deh. Saya penasaran membuat telur gulung sendiri, ini dia resep yang saya pakai :

Kalau sausnya saya pakai resep dari sini :

Soalnya kalau resep sausnya yackikuka menggunakan saus tomat dan saus sambal botolan. Sedangkan resep dari sobat dapur menggunakan cabe yang diulek. Saya lebih suka yang pakai saus botolan sih. Tergantung selera masing-masing ya

Di resepnya bang sobat, telur dikocok menggunakan botol. Sedangkan versi yackikuka telurnya hanya dikocok dengan garpu. Saya menggunakan resep bang sobat, tetapi sewaktu mengocok telur saya menggunakan cara yackikuka. Tidak berhasil ternyata ^^’ . Telurnya begitu dituang langsung jadi dadar 😆

Jadi saya pindahkan adonannya ke botol air minum, efek tidak punya botol seperti bang sobat 😀 . Pokoknya asal bisa untuk mengocok telur. Dan setelah dituang, berhasil dong. Telurnya menyebar, tidak jadi telur dadar lagi. Jadi tipsnya agar telurnya berhasil menyebar sempurna adalah harus dikocok dengan botol ya. Dan karena saya lagi bokek 😛 , jadi cuma modal telur buat digulung. Tanpa isian seperti sosis ataupun mihun.

Yang paling susah itu waktu menggulung telurnya. Tricky sekali 😀 . Harus segera digulung begitu telur dituang ke dalam minyak. Kalau telur dibiarkan terlalu lama, telurnya nanti mengeras sehingga tidak bisa digulung ke tusuk sate. Nah yang paling susah mengumpulkan semua telur ke tusuk sate tersebut. Ada aja yang lepas dan tidak mau digulung. Atau telurnya sudah terkumpul, tapi bandel tidak mau digulung ^^’

46432653_1964165723666440_7006903646348640256_n

Itu penampakan telur gulung saya, jelek ya ^^’ . Tapi lumayan dari beberapa kali mencoba, ada yang berhasil digulung 😆 . Sausnya enak, tapi agak keasinan ^^’ . Resep dari yackikuka kalau tidak salah menggunakan garam 1/2 sdt. Sepertinya kebanyakan, pakai 1/4 sdt sepertinya sudah cukup

Ingin buat lagi? Yap, tapi kapan-kapan saja. Soalnya antrian resep yang ingin saya coba buat ada banyak 😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

3 thoughts on “Membuat Telur Gulung

  1. waah keren mba, resep yang mau dipraktekkan kebanyakan sampai ngantri gitu, tapi saya juga mau deh kapan-kapan nyobain bikin telur gulung buat suami 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s