mayangkoto

my story, my life

Liam dan Laila

2 Komentar

Beberapa minggu yang lalu saya dan mama menonton film ini di bioskop. Film ini sampai sekarang masih  tayang di Cinema XXI Plaza Andalas padang. Berkisah tentang “Mixed Marriage” antara gadis minang asal Bukittinggi bernama Laila dengan pemuda prancis bernama Liam. Liam punya waktu 30 hari untuk bisa menikah dengan Laila sebelum dideportasi

Diperankan oleh Nirina Zubir sebagai Laila dan Jonathan Cerada sebagai Liam. Nirina kebetulan memang orang Minang tapi tidak fasih bahasa minang 😀 . Sedangkan Jonathan Cerada merupakan orang prancis pemenang french idol yang sudah beberapa tahun bermukim di Bali. Jadi sudah bisa bahasa indonesia 😀 .Film ini dari beberapa aspek sebetulnya agak lemah. Seperti tidak ada flashback ke masa lalu tentang awal mula pertemuan mereka. Film ini hanya mengisahkan tentang masalah-masalah yang Liam dan Laila harus hadapi sebelum mereka bisa melaksanakan pernikahan. Perjuangan mereka untuk bisa menikah banyak banget 😀 . Sampe gregetan pengen nonjok pegawai KUA yang mempersulit izin pernikahan mereka.

Masalah yang mereka hadapi
– Beda Budaya
– Beda agama. Liam menjadi mualaf dan disunat. Adegan sunat ini lucu. Liam sampai dikejar-kejar satpam karena dikira mau kabur dari rumah sakit tanpa membayar 😆
– Tidak disetujui keluarga besar. Harus meluluhkan hati mak tuo-nya laila. Mak tuo ini kakak perempuan ibu yang paling tua. Pemimpin Rumah Gadang.
– Dipersulit oleh oknum KUA sehingga Liam harus berangkat dari Bukittinggi ke kedubes Prancis di Jakarta untuk meminta legalisir bahwa surat-surat yang dia bawa dari Prancis sah dan bisa digunakan.

Laila ini umurnya sudah 30an dan belum menikah. Angkunya (mamak = saudara laki-laki ibu). Tunggang-tunggik* menolong kemenakannya ini agar bisa menikah dengan Liam. Termasuk mengantar Liam bersyahadat, bersunat. Sampai akhirnya dapat SP karena sering membolos di jam kantor dan memakai mobil dinas untuk keperluan pribadi. Akhirnya angkunya ini cuti agar bisa leluasa menolong kemenakannya. Sebagai orang Minang saya kagum pada mamaknya Laila. Dimana dia masih berpegang teguh pada adat bahwa seorang mamak harus membimbing kemenakannya.

Mak Tuo ini rada-rada ngeselin hehehe. Terlalu ngatur, melebihi ibu kandungnya Laila ^^’ . Yang ini gak boleh nikah sama laila. Yang itu gak boleh nikah sama laila. Tapi akhirnya Mak Tuo ini luluh juga

Sebelum visa si Liam habis akhirnya mereka berdua menikah. Cuma adegan Laila nyusul Liam rada-rada kurang masuk akal. Emangnya gak ngurus visa dulu dll ^^’ . Efek durasi filmnya kali ya ^^’

Film ini diangkat dari kisah nyata. Saya coba cari tau siapa Liam dan Laila yang asli, tapi belum ketemu ^^’ . Beberapa kali di “explore” instagram saya, ada beberapa postingan tentang “mixed marriage” antara perempuan minang dengan WNA yang diposting akun-akun info seputar sumbar/minang. Tapi kayaknya belum ada yang posting tentang Liam dan Laila ini.

Jadi saya masih penasaran sama Liam dan Laila yang asli.


*tunggang-tunggik = pontang-panting

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

2 thoughts on “Liam dan Laila

  1. Aku jadi penasaran juga sama Liam dan Laila aslinya 😀 , siapa tahu mereka ngeblog juga ya kita bisa tahu kehidupan mereka setelah nikah 😉 .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s