mayangkoto

my story, my life

Percobaan Membuat Japanese Cheese Cake

2 Komentar

Asli penasaran sama si JCC ini, kebetulan di padang belum ada gerai tokonya 😀 . Tapi kata yang udah pernah nyobain rasanya tu keju banget. Buat orang yang gak biasa bakalan berasa eneg banget. Jadi saya nyari resep yang kira-kira gak bakalan bikin eneg. Maklum lidahnya minang banget hahaha. Ketemulah resep ini :

Karena cream cheese rada susah dicari di padang ini, jadi saya bikin sendiri cream cheesenya. Sesuatu juga bikin cream cheese sendiri. Dan supaya gak eneg ditambahin perasan air lemon. Saya pake loyang uk 22 (di video pake loyang uk 20). Takut adonannya nanti kalo ngembang terlalu tinggi. Dan ya akhirnya saya coba. Ini pake teknik au ban marie. Jadi loyang dimasukin ke loyang yang lebih besar. Terus si loyang yang lebih besar diisi air. Harusnya kalo bikin jcc itu pake loyang tanpa sambungan. Saya gak punya loyang tanpa sambungan. Jadi saya pakek teknik yang saya baca di cookpad, katanya loyang yg berisi adonan ditaruh di atas cetakan pie, jadi loyangnya kayak punya kaki gitu. Ternyata ini sebuah kesalahan 😥 . Harusnya mah loyang adonannya saya lapisin alumunium foil aja. Nyuesel deh bener soalnya kue saya jadinya begini

29792214_1669836323099383_6675647159703961600_n

Kuenya belum mateng di bawahnya sodara-sodara 😀 . Terus kuenya jadi kempes 😥 . Habisnya orang di rumah saya cerewet banget. Nanya-nanya mulu “belum mateng juga?” . “Ndeh, lamoe lai” (aduh, lamanya lagi) . So mumet dong ya, mana udah malem. Ini saya bikin tadi malem, dah mau jam sebelas belum mateng juga. Saya tambahin waktunya 10 menit pake api atas aja supaya kuenya jadi coklat udah deh. Pas saya tes tusuk (di bagian pinggir kue) udah gak ada remah yang nempel. Eh ternyata yang gak mateng di bagian tengah 😀 . Dan pada gak sabaran pengen nyoba. Padahal masih panas, tapi saya nekad keluarin dari loyang. Apa yang terjadi? Kuenya kempes dengan suksesnya, mantab kan. Aturannya nunggu sampe bener-bener dingin di loyang baru kuenya dikeluarin.

Pokoknya kalo ada orang di rumah Anda yang lagi bikin sesuatu semisal kue ato masakan. Janganlah ditanya-tanyain. Masih lama lagi? Kok belum mateng-mateng juga? Itu menekan si pembuat namanya. Si pembuat jadi gak nyante, ujung-ujungnya cari cara gimana caranya biar cepat mateng. Kalo dah gitu biasanya berujung pada kegagalan. Sabar itu kuncinya. Semalam saya kebawa gak sabar sih, jadi gagal deh. Pokoknya besok-besok saya mau sadis deh kalo bikin kue. Kalo ada yang ngerecokin lagi ntar langsung saya semprot aja. Lagian cuma tinggal makan doang, gak ikutan bantuin kok ya cerewet banget. Kan bikin tanduk di kepala saya numbuh 😀

Gimana rasa kuenya? Enak kok, berasa lemonnya, gak eneg. Ya bagian yang gak mateng dibuang aja. Awalnya kapok buat nyoba lagi. Tapi pas dikasih tau uni femi salahnya di mana dan solusinya saya jadi tercerahkan dan pengen buat lagi 😀

Sekian dulu curhat di pagi ini, jadi agak plong setelah mengeluarkan uneg-uneg 😀

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

2 thoughts on “Percobaan Membuat Japanese Cheese Cake

  1. Wahh tapi tetap enak kelihatannya Mbak. Apalagi kalau anget-anget baru mateng ya..
    Saya juga cheese cake.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s