mayangkoto

my story, my life

Marble Cake

6 Komentar

Marble cake atau di Indonesia biasa dikenal sebagai marmer cake adalah sejenis kue bolu. Di mana pada permukaan kue terdapat motif menyerupai marmer gitu. Makanya kue ini dikenal sebagai marmer cake. Nah untuk tampilannya, marmer cake ini berdasarkan pengamatan saya ada perbedaan. Ada yang berkulit. Ada yang merekah.

Mungkin penjelasan saya kurang bisa dipahami ya. Langsung liat gambarnya aja ya 😀 . Yang berkulit itu modelnya seperti yang saya bikin ini :

25659374_1567017010047982_1547410050332873713_n

Hari minggu seperti biasanya saya ngebaking 😀 . Keliatan ya permukaan cakenya seperti memiliki kulit gitu. Sama seperti swiss roll yang saya buat beberapa waktu yang lalu. Juga memiliki kulit yang kalau tidak hati-hati saat digulung, maka kulitnya akan mengelupas

Kalau yang merekah itu seperti marmer cake yang dibuat oleh teh yung berikut ini :

Tapi saya pengen marmer cake saya itu yang bertipe berkulit bukan yang merekah hehehe. Ini resepnya dari uni Femi :

MARMER CAKE
————————–

Modified by Femmy Bratasena

Bahan :
6 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1 sdt vanilla ( Saya pake L’rome Butter )
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk Full Cream
100 gr margarin lelehkan ( Saya pke 50 gr Palmia Super Cake + 50 gr Butter Royal krone )
50 gr minyak sayur
1-2 sdt coklat bubuk bisa juga pasta coklat

Cara Membuat :
– Panaskan oven 180’C. Siapkan loyang tulban 28 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan.
– Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
– Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan vanilla hingga mengembang dan kental.
– Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata .
– Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata.
– Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya.
– Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate.
– Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya (suhu 180 derajat)

Sedikit tambahan dari saya. Bahan kering, gula, telur, sp, langsung dimixer aja semuanya sekalian. Nanti setelah adonan putih kaku berjejak baru dimasukkan mentega cair plus minyaknya. Oya mentega cairnya saya masukin adonan cakenya sedikit lalu diaduk. Baru dimasukin semua ke dalam adonan cake. Tujuannya supaya mentega cairnya gampang tercampur ke dalam adonan. Karena saya udah pernah nyoba bikin marmer cake sebelumnya. Mentega cair langsung dituang ke dalam adonan. Ternyata mentega cairnya tidak tercampur rata ke adonannya 😦 . Jadi di dasar adonan itu masih berkumpul sisa mentega yang belum bercampur dengan adonan, Yang begini bisa bikin cake jadi bantat. Jadi pastikan kalau mentega cairnya sudah tercampur dengan adonan cakenya.

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

6 thoughts on “Marble Cake

  1. Ntar kalau aku pulang ke padang, musti nyoba kue buatanmu nih… 🙂

    Suka

  2. Aku sering bikin bolu ini tp ga perhatiin sih ad akulitnya atau tidak 😀 .

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s