mayangkoto

my story, my life

Bikin Brownies Panggang (Lagi?)

2 Komentar

Sebelumnya saya udah pernah bikin brownies dengan cara dipanggang (klik di sini) . Cuma waktu itu saya kurang puas sama hasilnya. Shiny crustnya boleh dibilang belum muncul. Apa yang salah ya? Kemaren adek saya minta dibikin lagi brownies panggangnya. Saya liat-liat resepnya ternyata browniesnya dipanggang selama 50-60 menit 😮 . Yang waktu itu saya bikin gak selama itu sih. Makanya adonan browniesnya masih lengket walaupun rasanya itu enak banget. Akhirnya saya bikin lagi dengan jangka waktu pemanggangan selama 1 jam

Dan tara, ini dia hasilnya

25396055_1560926633990353_7044112040271183119_n

Keliatan mengilap kan? Itulah dia si shiny crust. Tapi kenapa bagian pinggir gak keluar shiny crustnya ya, hmm

Bandingin sama yang saya bikin sebelumnya

23658915_1534113116671705_6688496414130720149_n

Boleh dibilang shiny crustnya gak keluar. Karena waktu pemanggangan yang terlalu singkat sepertinya. Kenapa kok saya ribut banget sama shiny crust. Karena bisa dibilang shiny crust itu ciri khasnya fudge brownies. Tanda kesempurnaan fudge brownies kita. Sama halnya dengan white ring pada donat. Jadi supaya shiny crust muncul berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

  • Penggunaan gula yang cukup banyak. Gunakan gula minimal 120 gr supaya shiny crust muncul. Kalau kurang maka shiny crust tidak akan muncul
  • Gunakan gula halus/gula castor. Tujuannya supaya gula cepat larut dalam adonan. Kalau gula tidak larut dalam adonan, maka shiny crust juga tidak akan muncul
  • Oven harus benar-benar panas saat adonan dimasukkan ke dalamnya. Oven yang tidak panas saat adonan masuk, serta suhu rendah mengakibatkan shiny crust tidak muncul
  • Panaskan oven minimal selama 15 menit sebelum adonan dipanggang
  • Gunakan suhu antara 180-200 c. Kalo saya pakai 180 saja. Tapi ada yang pakai 200 derajat. Ini terserah aja kali ya. Saya pake oven listrik jadi 180 saya rasa sudah cukup. Kalau pakai oven kompor sepertinya pake 200 derajat juga gak masalah
  • Lama pemanggangan antara 50-60 menit. Kalau saya kemaren memanggang selama 1 jam. Ada juga yang waktu pemanggangannya 30-35 menit. Nah ini sepertinya tergantung oven masing-masing deh. Sebelumnya saya coba 30 menitan tapi memang belum mateng browniesnya. Jadi kenali oven masing-masing ya. Coba aja panggang selama 30 menit dulu. Kalau belum mateng juga, bisa ditambah waktu pemanggangannya. Gak ribet kan 😀

Semoga gak bosan ya liat saya posting brownies terus 😀 . Dan semoga postingan ini bermanfaat ya 🙂

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

2 thoughts on “Bikin Brownies Panggang (Lagi?)

  1. Keliatannya lezatt banget Mayang 😀 . Lama banget ya 1 jam panggangnya?. 200 derajat pula, aq klo panggang bolu 30 menit sdh jd sih, klo lebh lama pernah gosong haha.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s