mayangkoto

my story, my life

Gemuk Lagi

8 Komentar

Dulu sebelum saya menjalani operasi usus buntu, saya rutin menjalankan puasa senin kamis. Liburnya kalau lagi siklus saja. Kok bisa? karena saya puasanya gak sahur😀 . Kok bisa puasa gak sahur? Ya karena terbiasa. Saya gak sahur karena pertama malas bangunnya, kedua malas makannya. Soalnya nanti jam 7 atau 8 pasti lapar lagi. Padahal sebelum subuh sudah makan, cuma otak tersugesti terus jadinya lapar lagi. Nah kalau gak sahur malah ok ok aja, terasa lapar ya biasa karena kan memang belum makan hehehe. Terus kata nabi kalau gak ada makanan pagi-pagi memang bisa diniatin puasa saja langsung untuk hari itu. Jadi ya oke oke saja kan kalau puasa gak sahur dulu. Kecuali puasa ramadhan saya pasti sahur, kecuali kalau telat bangun😀 . Karena ada 2 hari dalam seminggu saya cuma makan sekali sehari, maka di hari-hari biasa kalaupun malamnya ngemil martabak, gorengan, pempek, dll ya gak masalah, ada hari puasa buat menetralisir itu semua😀

Selain itu saya menerapkan semi food combining. Ini gaya aja, paginya padahal gak sarapan buah trus di mana food combiningnya coba😀 . Pas makan siang saya cuma makan protein hewani saja tidak pakai karbohidrat (sesuai anjuran food combining). Kalau makan malam nasi dengan sayur (plus protein nabati kalau ada), nasi dikit saja (ini juga sesuai food combining). Pokoknya jangan sampai perut penuh. Kata nabi cukup makanan, air, udara masing-masing 1/3 saja. Gaya hidup saya yang puasa dua kali seminggu + food combining ala-ala ini lumayan manjur untuk menjaga angka timbangan lo😀 . Yang mau diet bisa coba menerapkan food combining yang asli, jangan yang food combining ala saya ini ya😀

Sejak saya dioperasi semua berubah. Karena setelah operasi kadang masih minum obat asam mefenamat kalau gak salah namanya. Untuk meredakan nyeri yang kadang melanda. Nama obatnya aja ASAM, agak berbahaya buat lambung. Menghilangkan nyeri operasi tapi bisa menyebabkan magh. Jadi kalau minum obat ini harus ngemil supaya tidak menyebabkan magh. Begitu kata dokternya. Karena dokter bilang begitu, jadi ya gitu, lost controllah saya😀 . Kalau makan porsinya banyak, terus ada camilan, terus bubur kacang hijau, jadi ya gitu. Seminggu istirahat di rumah sukses diisi dengan makan😀

Ketika saya sudah masuk kantor, saya lupa tepatnya minggu pertama apa minggu keduanya. Saya coba berpuasa tanpa sahur. Hari seninnya sukses, puasa hari kamis pas sore nyeri operasinya kambuh. Beberapa hari kemudian tanya ke dokter, boleh puasa atau gak. Kata dokternya boleh puasa, tapi harus SAHUR . Sampai hari ini bisa dihitung dengan jari aja berapa kali saya sudah puasa senin kamis. Habisnya ketiduran terus, jadi gak sempat sahur😦 . Terus saya sudah tidak menerapkan satupun food combining. Pagi, siang, malam hajar terus karbo+protein hewani. Jadilah beberapa hari yang lalu saya sadar kalau badan saya jadi “agak” mengembang😥 . Pengen banget puasa lagi, tapi menjalani ritual sahur itu yang bikin saya susah. Minimalnya saya harus menerapkan semi food combining ala ala dulu nih supaya saya gak terlalu mengembang😦

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

8 thoughts on “Gemuk Lagi

  1. Banyakin di buah mba tiap lapar.. oatmeal pakai susu tanpa gula juga pilihan bagus, ditambah pisang kerik. Aku pernah turun 20kg gara2 pola vegan. Emang berat banget sih. Tapi sekarang bener2 hindari camilan manis aja udh sangat ngebantu loh😉

    Suka

  2. Kalo aku diet TKTP… Tinggi Kalori Tinggi Protein… Makanya nduts banget…🙂

    Suka

  3. Baca ini aku jadi kangen puasa senin kamis juga Mayang. Dulu rajin kadang2 puasa daud juga. Jadi kalau bulan ini puasa senin kamis, bulan depannya puasa daud. Kangen masa2 itu. Sekarang puasa kalau musim gugur sama musim dingin aja karena waktunya pendek haha. Makanya dimaksimalkan puasa bayar utang dan puasa lain2nya di musim2 ini.

    Suka

    • sama mbak, aku juga kangen banget pengen puasa senin kamis lagi. tapi bangunnya pas orang udah adzan shubuh aja, gimana mau sahur😀

      aku belum pernah nyobain puasa daud, pengen coba deh kapan2. kalau udah bisa puasa lagi tanpa sahur😀

      iya, enak ya mbak kalau puasa di musim dingin, singkat banget waktunya😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

