mayangkoto

my story, my life

Bikin Brownies Yuk

Tinggalkan komentar

Yang pakai facebook, pasti di TLnya wara-wiri aneka resep kan ya. Nah biasanya resep-resep yang menarik mata saya kumpulin semua. Tapi satupun belum ada yang dibikin😀 . Akhirnya beberapa hari yang lalu, kesampaian juga untuk membuat suatu resep. Yaitu brownies teflon. Bahannya gampang didapat dan sepertinya gampang sekali membuatnya.

Bahan :

  • Telur ayam 3 butir
  • Gula 6 sdm
  • Terigu 6 sdm
  • Minyak makan 6 sdm
  • Milo sachet 18 gr 4 bungkus
  • Mises secukupnya
  • Mentega/margarin secukupnya untuk olesan teflon

Cara membuat :

  • Kocok telur dan gula menggunakan garpu atau ballon whisk (saya pakai ballon whisk). Tujuannya hanya agar gulanya larut saja. Jadi tidak perlu menggunakan mixer
  • Setelah gula larut, masukkan terigu, milo, dan gula. Aduk sampai adonan tercampur rata. Habis itu tuang ke dalam teflon yang sudah diolesi margarin/mentega. Masak menggunakan api kecil. Apa ya namanya itu, dudukan tempat kuali/pan/panci di kompor gas itu ditambahin jadi ada dua gitu. Supaya nanti browniesnya gak cepet gosong
  • Pas menjelang browniesnya hampir matang. Bagian atas masih basah, masukkan mises
  • Setelah permukaan kering tinggal diangkat browniesnya

Resep aslinya begitu, tapi kata yang bikin karena dia gak ada teflon yang kecil, dia pakai Happycall. Jadi semua resep di atas dikali 2. Terus dia tambahin baking powder 1 sdt sama baking soda juga 1 sdt, biar ngembang katanya. Gak pakai baking powder/baking soda pun gak apa-apa karena brownieskan memang kue bantet hehehe. Nah kalau saya, karena mau ikutan pake happycall (hakashima double pan) juga makanya resep pun ikut dikali dua. Tambahin baking soda dikit. Kata mama kalau baking powder sama baking soda ditambahin sebanyak itu yang ada nanti kuenya jadi pahit << bener gak?

Jadilah malam-malam saya bikin si brownies. Pas browniesnya masih setengah matang saya taburi mises di permukaannya sebanyak-banyaknya. Biar maknyus, saya pecinta coklat:mrgreen: . Dan setelah akhirnya matang dicobain deh. Ternyata teksturnya gak ada mirip-miripnya sama brownies. Lebih mirip bolu, tapi dengan tekstur yang lebih keras, gimana ya jelasinnya. Gak selembut bolu gitu. Terasa agak pahit, mungkin bener kata si mama, efek ditambahin baking soda. Emang sih browniesnya jadi lebih ngembang hehehehe. Apa karena ditambahin baking soda jadi ngefek ke teksturnya juga ya?

Setelah disantap, lumayan laris :D . Maaf gambarnya burem hehehe

Setelah disantap, lumayan laris😀 . Maaf gambarnya burem hehehe

Lumayan enak rasanya, tapi ya itu teksturnya agak keras. Bikin capek ngunyahnya😀 . Lumayan gede juga nih modalnya. Yang bikin modalnya gede itu si milo. Musti pakai 8 sachet hehehe

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s