mayangkoto

my story, my life


9 Komentar

Beli Benih Bunga Dan Media Tanam di Lazada

Akhirnya saya menemukan toko yang menjual media tanam dan benih bunga di Lazada. Kalau benih bunga nama tokonya Amefurashi. Kalau amefurashi jualan di tokopedia harganya Rp.10.000,-/bungkus. Jualan di lazada jadi Rp.11.000,-/bungkus. Dan, baru saja saya lihat, sekarang harganya di lazada jadi Rp.10.000,-/bungkus. Waduh, untung beli gak banyak. Kalo kemarin beli sekali banyak misal 10 bungkus, dikali seribu bisa dapet benih sebungkus lagi tuh >< . Saya beli 6 jenis benih di Amefurashi.  Ada hollyhock summer, hollyhock black, pansy mix, sun flower, petunia, dan morning glory. Kemarin, maghrib-maghrib, kurir lazada kirim paketnya ke rumah

13709873_1084012271681794_5151917708981258100_n

Lihat penampakan bungkusnya, gak sekeren waktu saya beli di Als Garden. Kalo di Als, benih dimasukin dulu ke bungkus alumunium foil, baru dibungkus plastik lagi. Terus di masing-masing kemasan benih ada keterangan cara tanam dan perawatannya. Kalo ini cara penyemaian dilampirkan di kertas terpisah (lupa difoto). Balik ke benih, ternyata biji hollyhock itu gepeng ya 😀 . Berdasarkan petunjuk penyemaian, hollyhock katanya harus melalui proses cold stratification. Benihnya musti dimasukin ke kulkas dulu nih hehehe. Informasi lebih lengkap tentang cold stratification bisa buka situs ini. Rencana saya ingin mencoba menyemai si hollyhock ini pakai cocopeat saja. Kalau cold treatment itu biasanya kan medianya tisu atau kapas. Pengalaman saya menyemai petunia di kapas, pas udah berkecambah dipindahin ke tanah langsung mati tu 😦 . Jadi saya pengen eksperimen pakai cocopeat saja. Nanti kalau tumbuh kan tinggal pindahin sekalian sama metan penyemaiannya ke pot.

Nah soal cocopeat (serbuk sabut kelapa), saya belum pernah liat ada yang jual cocopeat di Padang. Jadi jalan satu-satunya saya harus beli cocopeat ini secara online. Cocopeat merupakan media yang sangat baik dalam menyimpan air. Banyak yang berhasil menyemai petunia menggunakan media cocopeat. Saya yang sudah dua kali gagal menyemai petunia ini pun penasaran ingin mencoba keunggulan media ini untuk menyemai benih bunga 😀 . Sudah sering intip-intip tokopedia buat lihat yang jual cocopeat ini. Tapi sayang ongkirnya ituloh. Ada yang harganya cuma delapan ribu, tapi ongkirnya 24 ribu, kan gak masuk. Masa’ ongkir lebih mahal dari harga barangnya 😀 . Akhirnya beberapa hari yang lalu ketemu yang jual di lazada. Nama tokonya Puriegarden. Toko ini menjual perlengkapan berkebun hidroponik. Selain cocopeat, ada jual media tanam yang lain juga. Jadi saya beli juga deh, daripada jauh-jauh pergi beli terus berat. Kan mending beli di lazada, diantar sampai depan pintu rumah, gratis ongkir lagi 😀

13769529_1083545695061785_4444907583272602119_n

Dari kiri ke kanan ada sekam bakar, media tanam siap pakai, dan cocopeat. Di bawahnya itu adalah kompos super. Kemarin barangnya dikirim, pas saya buka paketnya. Asli benar-benar kering medianya. Saya kalau beli sekam bakar di sini itu super basah, makanya berat sekali kalau di bawa. Kalau media tanam siap pakainya sepertinya merupakan campuran dari cocopeat, sekam bakar, sama kompos deh.

Demikianlah, alat tempur saya buat berkebun sudah tersedia. Niat mau menyemai bunga setelah lebaran akhirnya terwujud. Semoga berhasil disemai dan tumbuh besar hingga berbunga 🙂