mayangkoto

my story, my life

Sis, Mbak :) , Ibu, Bunda o.O

2 Komentar

Judul di atas adalah panggilan yang biasa saya terima di facebook😀 . Umumnya saya dipanggil “sis” oleh teman-teman sesama fans snsd😀 , kadang ada juga ols yang manggil sis. Buat saya sih gak masalah, karena kalo sesama fans snsd umurnya biasanya gak beda jauh jadi gak papalah manggil dan dipanggil sis. Soalnya ada yang rada keberatan dipanggil sis begitu hehehe. Nah di kalangan pencinta kristik biasanya kita-kita manggilnya “mbak”. Pokoknya manggil mbak aja dulu. Nanti kalo sudah tau latar belakang teman-teman kita itu baru manggil yang agak lain. Yang seumuran mama saya, saya panggil tante. Kadang manggil oma, kadang cece ke teman-teman keturunan tionghoa🙂 . Nah kalau di grup berkebun saya pernah dipanggil “Bu”. Langsung saya bilang saya belum merid, jadi belum punya anak, jadi jangan dipanggil Ibu😀 . Juga pas minta kartu garansi mesin jahit dulu saya dipanggil Bunda sama yang jual, tapi saya diemin aja😀 . Tadi ada yang manggil Bunda lagi😀 , langsung bilang deh, saya belum merid, punya anak apalagi😀 . Jadi gak usah dipanggil bunda hehehe (mungkin didoain biar segera jadi bunda kali ya, diaamiinkan saja😀 )

Memang kepada cewek paling amannya manggil mbak saja, walaupun yang dipanggil mbak bukan orang jawa hehehe. Pengalaman saya ada yang curhat rada tidak suka dipanggil sis, bun, buntik, bunsay😀 . Dipanggil kamu dan kalian apalagi. Kalau belum kenal, baru pertama kali ngobrol, baiknya jangan pake kamu. Mana tahu orang yang kita sapa itu umurnya lebih tua dari kita kan😀 . Soalnya banyak juga yang merasa kurang suka disapa dengan panggilan kamu. Misal dari pada memakai kalimat “kamu kabarnya gimana?” lebih baik bertanya seperti ini “mbak/sis (atau panggil nama) kabarnya gimana?”. Lebih aman seperti itu menurut saya. Terlebih penggunaan kata kalian. Baiknya jangan pernah memakai kata “kalian” untuk percakapan sehari-hari pada orang yang lebih tua bahkan sebaya. Pernah ada di suatu grup (kayaknya member grupnya cewek semua) ada yang nanya dengan menggunakan kata kalian. Langsung ditanggapi deh si penanya ini, mulai pake kata-kata yang lemah lembut sampai pake kalimat yang menohok hehehe. Intinya si penanya dinasehati jangan pake kata “kalian” gitu, gak enak, gak sopan. Mama saya pake kalian ke anak-anaknya kalau lagi marah hehehehe. Jadi kalo kita bukan orang tua, bukan bos, baiknya gak usah pake kata “kalian” kepada orang-orang. Takut yang dipanggil “kalian” merasa tersinggung

Nah kalau di lingkungan dengan teman-teman real life saya biasanya kita panggil nama ke diri sendiri dan panggil nama teman kita. Buat saya pemanggilan nama seperti ini lebih sopan. Tidak menyinggung perasaan lawan bicara. Misal teman saya sebut saja namanya Ida ingin meminjam buku saya maka dia akan berkata seperti ini “Mayang, Ida pinjam buku catatan yo”. Kalau kepada yang lebih tua contohnya seperti ini “Akak, Mayang pinjam buku akak yo”. Jadi tidak pakai aku, kamu; gua,lu; den, ang/kau* . Apalagi panggil “kau”. Jangan pernah panggil “kau” pada perempuan minang ya. Yang dipanggil bakalan sakit hati sekali. Saya pernah dipanggil kau sama tetangga yang lama tinggal di Jakarta. Padahal udah lama tinggal di Jakarta pas di kampung seenak jidat panggil “kau” ke orang. Mentang-mentang saya waktu itu masih kecil. Orang tua bukan, saudara bukan manggil-manggil “kau”. Wew sakit hatinya sampai ubun-ubun😡 . Dalam bahasa Minang ke yang lebih kecil panggil awak saja. Mungkin kapan-kapan saya akan menjelaskan panggilan-panggilan dalam bahasa minang di sini hehehe


*den = aku
ang = kamu (laki-laki)
kau = kamu (perempuan)

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

2 thoughts on “Sis, Mbak :) , Ibu, Bunda o.O

  1. Paragraf terakhir kocakk… sensi banget dipanggil kau, hahaha… samaaaa

    paling enak itu yang panggil nama ke diri dan ke lawan bicara kalau seumuran yaaah…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s