mayangkoto

my story, my life

Kristik Untuk Indonesia

1 Komentar

Gak terasa sudah nyampe februari aja. Seinget saya, bulan kemaren cuma ngepos satu artikel aja. Pemalas banget ya bikin postingan. Moga ke depannya semakin rajin ngepos deh😀

Nah kali ini saya bakalan cerita tentang Komunitas Kristik Nusantara (KKN) yang sedang melaksanakan suatu proyek kristik yang berjudul Kristik Untuk Indonesia (KUI) . Sedikit penjelasan dari proyek ini yang diambil dari deskripsi grupnya :

Group ini adalah anak group KUI dgn project kain Nusantara dari 34 propinsi di Indonesia. Dengan Dana swadaya untuk mencapai cita2 stitcher Indonesia memiliki karya bersama berupa motif kain Nusantara yg akan disambung utk dibentangangkan di Jakarta 17agt 2017

Program ini sebetulnya sudah tercetus sejak lama, terinspirasi dari kristikers Tiongkok yang bikin karya kristik terpanjang di Tiongkok kalau tidak salah, yang mana menampilkan kebudayaan Tiongkok (kalau tidak salah juga). Soalnya waktu itu cuma lihat fotonya sekilas, dan dari hp pula. Dari tahun 2015 apa 2014 ya, sudah ada upaya menyatukan kristikers di Indonesia untuk mengerjakan proyek kristik Indonesia ini. Sudah dibikin grupnya, tapi ternyata ada sedikit masalah yang menyebabkan batalnya proyek tersebut. Nah tahun kemaren, komunitas kristikers dari Bandung (bandrek) berhasil membuat kristik terpanjang se-Indonesia

131215Karya_Kristik

Masing-masing anggota membuat satu proyek berukuran 30×30 cm dengan tema bebas. Kemudian proyek-proyek tersebut disambung sehingga jadilah kristik terpanjang ini. Nah sedikit banyaknya, keberhasilan kristikers Bandung ini menginspirasi kristikers yang lain untuk membuat proyek serupa. Maka terbentuklah KUI. Bedanya proyek KUI ini memiliki tema sendiri. Temanya adalah kain nusantara. KUI membagi 3 korwil.

— Tim korwil 1
Propinsi: Aceh. Sumbar. Sumut. Riau. Jambi. Bengkulu. Babel. Lampung. Kepri. Sumsel. Papua Dan Papua Barat.

— Tim korwil 2
Propinsi: Jakarta. Banten. Jabar. Jateng. Yogya. Jatim. Kalbar. Kalteng. Kalsel. Kaltim. Kaltara

— Tim korwil 3
Propinsi: Sulsel . Sulbar. Sulteng. Sulut. Sultra. Gorontalo. Bali. Ntt. Ntb. Maluku dan maluku utara

Nah karena saya bertempat tinggal, di propinsi Sumbar, maka saya tergabung di korwil 1.

Kain nusantara sendiri adalah kain khas dari masing-masing propinsi dari 34 propinsi yang ada di Indonesia. Dapat berupa kain tenun, batik, dll. Yang mana motif kain tersebut akan dijadikan pola kristik yang akan dikerjakan oleh peserta nantinya . Nah pola mana yang akan didapat oleh peserta akan dilakukan dengan cara diundi. Sampai saat ini proses undian masih berlangsung sih. Dan saya jeng jeng jeng jeng, sudah dapet pola yang akan saya kerjakan

Ini dia

12670246_10205410669048193_6704698455003757598_n

Batik kaganga dari Bengkulu. Saya pikir tiap anggota mendapat pola yang berasal dari propinsinya sendiri. Tapi sepertinya di acak/sesuai korwil. Ternyata saya gak dapet pola dari propinsi saya sendiri, #sedih😦 . Agak kecewa sih, tapi gak papa🙂 . Dapet pola cantik nih, merah. Kata pertama yang terlintas dalam pikiran saya pas tau dapet pola ini adalah ngeblok. Yep ngebayangin ngeblok warna merahnya itu bikin saya surut sedikit. Sedikit aja loh. Soalnya belum liat pola langsungnya kayak gimana. Kalau udah di tangan baru deh saya bisa cerita banyak tentang pola ini. Apakah rumit, apakah pakai benang metalik, dll😀 .

Barusan saya dikasih tau informasi tentang batik kaganga ini. Saya mengutip pernyataan dari kak Irina Siregar

Batik Kaganga adalah batik dengan motif corak khas dari tanah Rejang (Kabupaten Rejang Lebong), muncul pada tahun 1985-1990-an. Motif batik Kaganga terinspirasi dari motif bentuk-bentuk huruf Kaganga yang di kenal sebagai aksara Rejang. Biasanya huruf Kaganga dikombinasikan dengan bunga raflesia yang habitat aslinya berada di Tanah Rejang. Batik ini memiliki motif Huruf Kaganga, Bokoa/Bokor (Tempat Sirih) dan Daun Kopi.

Ternyata, yang kuning-kuning itu adalah tempat sirih, daunnya sendiri ternyata adalah daun kopi. Yang ditengah pola, ada garis melengkung itulah huruf kaganganya. Keren ya😀, cerah banget warnanya. Merah gituloh😀

Saya semangat banget loh😀 . Gak mau ketinggalan ikutan even ini. Walaupun saya kayaknya gak bakal ikut even tanggal 17 agustus 2017nya di Jakarta. Setidaknya (insya allah) kristik hasil sulaman saya, akan ikutan terpampang di sana🙂 . Nah segitu aja dulu deh ceritanya. Nanti kalau kit sudah di tangan, saya akan cerita lagi beserta dengan progresnya🙂

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

One thought on “Kristik Untuk Indonesia

  1. Ping-balik: Kit Kristik Untuk Indonesia Akhirnya Tiba | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s