mayangkoto

my story, my life

Kebunku Pagi Ini

2 Komentar

Tanggal 1 Oktober nih, tak terasa 3 bulan lagi masuk tahun yang baru ya hehehe. Mau sharing aja kondisi kebun saya pagi ini. Spesial buat yang berbunga aja. Yang belum berbunga gak masuk itungan😀

Akhirnya saya berhasil juga miara morning glory:mrgreen: . Setelah sebelumnya gagal karena kesalahan pemakaian media tanam. Yang ini juga sempat sekarat karena udah telat banget mindahin ke pot yang lebih besar. Untungnya sekarang dia sudah sehat kembali. Rajin berbunga, tiap hari keluar bunganya lo😀 . Sebelumnya ni morning glory gak mau ngepod-ngepod. Kalo gak ngepod kita gak bisa dapetin biji buat ditanam lagi kan. Akhirnya sesuai saran yang pernah saya baca di fb, kita musti bantu penyerbukan si morning glory ini. Caranya ya dioprek-oprek aja serbuk sari bunganya pake cotton buds. Seterusnya ya semoga beruntung😀 . Karena kadang ya tetep aja gagal ngepod. Tiap pagi saya selalu oprek-oprek bunga yang mekar supaya ngepod. Dan dari bunga yang saya oprek-oprek itu beberapa akhirnya ngepod. Gambar podnya seperti terlihat di atas. Masih muda, nanti kalo sudah kering dan kecoklatan itu artinya biji sudah bisa dipanen😀

Rose Flower seed pods

Ini mawar kampung yang saya beli pertama kali beberapa bulan lalu. Biasanya mawar-mawar yang saya punya ketika bunganya udah mulai jelek langsung saya “mutilasi”, sadis ya😀 . Pemangkasan buat mawar itu berguna banget karena bisa memicu pertumbuhan tunas baru dan tentu saja putik bunganya. Nah yang satu ini saya belom sempet potong. Tapi ternyata dia menunjukkan tanda-tanda berkembang menjadi pod. Wah, sesuatu sekali😯 . Gak jadi dipotong dong ya😀 . Kan saya penasaran juga pengen liat buah mawar itu kayak apa😀 . Sebetulnya dulu sekali pernah liat buah mawar waktu ke Tanah Datar. Tapi sekarang mawar di kebun sendiri bakalan berbuah juga kan amazing😀 . Soalnya jarang-jarangkan punya mawar yang bisa berbuah😀

Aneka jenis mawar hibrida. Si mawar ungu habis saya mutilasi ngeluarin 3 kuntum bunga. Saya senang sekali:mrgreen: . Tapi kalau diliat-liat penampakannya sepertinya dia fix ganti warna jadi mawar pink. Mawar kuning saya ukuran bunganya jadi kecil dibandingkan waktu pertama kali dibeli dulu. Memang mawar biasanya jadi seperti ini karena perubahan suhu. Yang penting beryukur aja dia masih hidup dan masih berbunga😀 . Si mawar putih saya yang wangi ini ampe sekarang belum ngeluarin bunga juga. Beberapa waktu yang lalu saya mutilasi habis-habisan. Jadi pendek dan botak dia😆 . Sekarang sudah keluar tunas baru, tapi kuntum bunga masih belum terlihat hmm.

Bulan kemaren beli mawar baru yang lokalan aja. Harga mawar lokal di sini masih Rp.10.000,- per batang. Lumayanlah, saya kurang inget ni mawar-mawar wangi apa gak ya. Kayaknya enggak deh, kalaupun wangi paling tidak terlalu kuat aromanya. Ini mawar rajin dipangkas, rajin berbunga deh hehehe

Semua mawar saya kasih full sun, baik hibrida sama yang lokalan biar tambah rajin berbunga😀 . Abis dipangkas, potongan batangnya itu saya tancepin aja ke potnya. Untung-untungan sih sebenernya. Karena jarang berhasil juga. Tapi siapa tau lagi mujur, terus nanti bisa tumbuh beneran ya gak😀

Dahlia

Dahlia

Dahlia saya akhirnya berbunga, senangnya:mrgreen: . Dari beberapa biji yang saya semai, cuma satu ini yang survive sampai berbunga😀 . Ternyata warnanya kuning. Padahal pengennya punya dahlia warna merah hati. Tapi gak papa yang penting kerja keras waktu nyemai terbayar dengan bunganya ini😀. Cukup penampakan bunganya aja yang masuk foto. Daunnya keriting, gak usah masuk fotolah😀 . Kecil baru, gak gede-gede amat tanamannya. Sepertinya kena penyakit😦 entah kena hama atau gimana. Mau diobrak-abrik tanamannya takut mati nanti. Daun-daun yang keriting keterlaluan aja yang saya buang. Yang agak lumayan saya biarin aja. Dicek bawah daunnya kayaknya gak ada yang mencurigakan. Hmm, ya sudahlah yang penting berbunga hehehe

Sekian dulu cerita dari kebun saya. Kalau ada perkembangan terbaru nanti akan saya posting lagi😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

2 thoughts on “Kebunku Pagi Ini

  1. Hai mbak, salam kenal..
    Baca cerita mbak saya jadi pingin menanam morning glory lagi nih..
    Kalau mawar saya juga kangen sama mawar kampung yang bunganya kecil tapi banyak dan wangi. Sayang sekarang sudah susah dicari bibitnya😦

    Suka

    • salam kenal juga mbak🙂
      ayuk mbak nanam morning glory lagi😀 , soalnya seru, tiap hari ada aja yg mekar bunganya😀

      nah, saya juga nyari tu mbak. soalnya yg saya punya gak wangi😦

      Suka

Tinggalkan Balasan

