mayangkoto

my story, my life

Berkenalan dengan Xiu Crafts

3 Komentar

Xiu Crafts adalah brand cross stitch keluaran Taiwan. Diproduksi oleh pabrikan yang sama dengan pabrik yang saat ini memproduksi kit-kit merek dimensions yang merupakan brand Amerika Serikat. Jadi setau saya, kit-kit merek dimensions sekarang ini tidak lagi diproduksi di Amerika Serikat melainkan di Tiongkok. Nah si pabrikan ini bikin produk kristik sendiri yang mana harganya jauh lebih murah dibandingkan kit kristik bermerek dimensions. Kit inilah yang kita kenal dengan nama Xiu Crafts. Kualitas setara dimensions, harga miring abis, original pula😀 . Udah lama saya naksir sama kit-kit Xiu Crafts ini😀 . Apalagi setelah tau kalo sama-sama dibikin oleh pabriknya dimensions, wah tambah mupeng deh. Pas dulu-dulu sih kacamata kuda saya masih ampuh menangkis serangan racun xiu crafts ini. Tapi bulan kemaren, kacamata kuda saya patah engsel😆 . Saya jadi tidak kuasa menahan serangan racun si xiu ini. Mana sohib kristiker saya ngeracunin pake banget. Akhirnya, saya pun luluh. Beli sekalian 3 deng, biar dapet diskon 10%😛 (hemat gituloh😀 ) . Ceritanya kan ikut PO dulu tu bulan kemaren, nah kemaren barangnya sampai deh di rumah. Yuk diintip😀

12002313_906191302797226_6581021638652127031_n

kiri secret garden, tengah smooth life, kanan various flower

Sebelumnya saya mau cerita ni alasan dibalik pemilihan kit-kit ini. Mulai dari secret garden dulu ya😀 . Kurang jelas ya gambarnya😀 . Ini saya kasih langsung gambarnya dari webnya xiu😀

2800605

Dari pertama kali liat udah naksir😀 , tema gardennya itu loh yang bikin naksir. Jadi curhatlah ama temen fb saya yang sesama kristiker. Setelah lihat gambar kitnya, temen saya itu mencoba menafsirkan gambarnya. Trus temen saya itu nafsirinnya gini “Ada keriangan dlm sunyi.. Ada cita2, harapan (di pohon yg tertiup angin), semacam sedang menarik diri dari keramaian.. Supaya happy” . Saya sendiri juga ngartiin gitu, pokoknya lagi pengen menyepi gitu😀 . Dikomporinlah ama temen saya ini, “ayo mbak mayang ambil ya kitnya, soalnya ini kan gambaran diri” wkwkwk. Ya udah deh, luluh deh saya. Akhirnya jadi juga deh for the first time beli kit xiu😀 . Harga belinya Rp.150.000,-

Kit selanjutnya yang saya beli judulnya adalah Smooth Life. Silahkan klik gambarnya ya untuk penjelasan lebih detail di web xiunya🙂

2800902

Beli kit ini karena suka sama gradasi warna buah kesemeknya😀 . Selain itu pengen punya kit xiu yang ada kaligrafi sama stempelnya. Tapi rata-rata harganya lumayan hahaha (tetep cari yang murah😛 ). Eh, ketemulah gambar kit ini. Harganya murah deh untuk ukuran xiu Rp.125.000,- . Sedikit penjelasan, kaligrafinya dan stempelnya sudah tercetak di kain. Terus kaligrafinya ini tercetak timbul dengan bahan semacam beludru gitu. Jadi kesannya itu mewah😀 . Ini nih yang bikin saya pengen punya kit xiu yang ada kaligrafinya😀

Next ada kit DIY dompet various flower.

2860311

Berikut ini penampakan isi kitnya :

DSC_0492

Pengen ini karena naksir kit dompetnya, bukan naksir gambarnya. Harga kitnya Rp.125.000,-. Gambarnya gak banget menurut saya. Rencananya ni dompet gak bakalan saya kristik. Mau disulam benang atau pake sulam pita aja nanti😀

Setelah barangnya sampe, waktunya mengobrak-abrik kitnya kan. Soalnya penasaran ama penampakannya😀

11825993_906191326130557_7770160555883650634_n

Itu penjelasan tentang isi kitnya😀 . Berapa count kainnya, berapa banyak benangnya, sampai ukuran jarum juga disebutin. Di kit lain saya belum pernah nemu ada yang ngejelasin ukuran jarumnya😀

DSC_0494

Petunjuk cara pengerjaan

Gambar di atas merupakan instruksi dari dua kit yang berbeda. Instruksi paling atas yang mengintruksikan cara XXX dengan membuat \\\\ terlebih dahulu baru kemudian //// berasal dari kit xiu. Sedangkan instruksi di bawah dimana XXX dibuat dengan cara mengerjakan //// terlebih dahulu baru kemudian mengerjakan \\\\\ berasal dari kit dimensions. Padahal pabrikannya sama tapi instruksi pengerjaannya berbeda😀 . Kit amerika dan eropa pada umumnya memberi instruksi cara membuat tusuk silang XXX dengan cara membuat  //// lebih dulu baru \\\\. Cuma kit anchor saja sepertinya yang saya liat di beberapa kit dia make gaya \\\\ baru ////. Kenapa ini penting? Karena kalau kita mengikuti gaya xiu maka pengerjaan kristiknya yang umum adalah dari kiri bawah menuju atas. Sedangkan kalo mengikuti instruksi dimensions maka pengerjaan kristik adalah dari kiri atas ke bawah. Dari awal perkenalan saya dengan kristik saya membuat tusuk silang dengan mengerjakan \\\\ terlebih dahulu, baru //// kemudian. Soalnya saya terbiasa mengerjakan kristik dari sudut kiri bawah. Sepertinya ini merupakan cara mengkristik yang umum untuk orang Indonesia #sotoy😛 .

Next dari segi pola. Pattern punya xiu lebih berwarna daripada dimensions.

11249767_906191399463883_5284839740990495704_nBisa diliat yang gambar mercusuar itu pola punya dimensions. Yang pola various flower itu yang xiu craft. Kalo dimensions warna patternnya cuma hitam, biru, dan merah. Kalo xiu seperti di kit ini selain warna tadi juga ada warna hijau. Di kit smooth life polanya make warna oren juga. Walaupun jumlah warna untuk polanya memang gak semeriah kit tiongkok merek lain. Tapi dibandingin sama kit keluaran eropa atau amerika lainnya. Kit xiu lebih bersahabatlah dengan mata😀

BTW selagi nulis tulisan ini, saya pun meluncur ke webnya xiu crafts. Eh ternyata, banyak kit baru yang bikin saya mupeng. Waaah, kasian ni dompet saya, gak bisa napas😥 . Godaannya gede, kayaknya kalo next po kit-kit berikut sudah bisa dipesan, saya bakalan ikutan deh kalo harganya cocok wkakakaka😛 . Yuk diintip-intip, siapa tau pada keracunan juga😀😛

2800912

Yang ini lucu deh, soalnya kan saya termasuk gardener gitu. Jadi suka liat gambar yang ini

2800607

Bisa ditebak kan itu gambar apa. Yaaaap, pohon strobberi. Jadi mupeng pengen punya pohon stroberi beneran😦

2801804

Dari dulu kepengen punya kit kristik yang bertema kincir angin belanda gitu. Tapi sampe sekarang belom nemu yang cocok. Eh barusan ketemu ini, dan sangat amat kepengen punya. Semoga next po bisa ikutan po ini deh

2801803

Langitnya biru sekaleee. Kontras banget ama bangunan-bangunan yang berwarna putih. Pengen punya ><

Segitu aja dulu deh wishlist saya. Kasian dompet kalo kebanyakan kit yang pengen dibeli😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

3 thoughts on “Berkenalan dengan Xiu Crafts

  1. Mayang kamu nambah hobi baru ya selain berkebun?:mrgreen: . Aku suka model dompetnya deh🙂 .

    Suka

  2. Ping-balik: Kit Kristik (Lagi) | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s