mayangkoto

my story, my life

Comat Comot foto Hasil Karya di Internet

Tinggalkan komentar

Dua hari lalu, teman-teman stitchers di facebook dikejutkan dengan kejadian seseorang yang mengaplod foto hasil jadi kristik yang diakui sebagai hasil karyanya di suatu grup facebook. Bagus lo hasilnya, dikerjakan menggunakan kain hand dyed. Nah karena kain dyed inilah bakalan gampang ketauan siapa yang punya foto. Soalnya kain hand dyed gak akan sama satu dengan yang lainnya😀 . Pastinya kalo ada yang ngaku-ngaku bakalan gampang dikenali dari kainnya😀 . Dan apesnya ternyata pemilik foto asli pun bergabung di grup tersebut dan langsung nanggepin postingan foto tersebut. Si pengunggah akhirnya menghapus fotonya dan meminta maaf kepada si empunya foto. Kejadian ini bikin saya teringat peristiwa yang saya alami beberapa tahun lalu

Kejadiannya waktu itu saya lagi googling. Lupa lagi nyari apa, pokoknya berhubungan dengan craft gitu deh. Kalo nyari kata kunci di google kan yang pertama keluar kan hasil di web, berupa artikel-artikel gitu. Nah saya biasanya kalo gak puas ama hasil pencarian di web, lanjut beralih klik gambar gitu. Nah puas deh ngeliat gambar yang misalnya saya cari. Biasanya sih saya kalo liat-liat gambar di pencarian google gitu suka telaten. Suka kadang sampe kelar liat semua foto di satu halaman pencarian google😀 . Nah lagi scrooling liat-liat gambar di google itu kebetulan ketemulah saya dengan foto yang saya yakin, saya pasti bahwa itu foto punya saya di halaman pencarian tersebut.

Gambarnya yang ini nih. Ini topi raut yang saya buat untuk adik saya. Saya posting foto ini di bulan april 2013.

5

Saya kira itu dari blog saya😀 , saya cek dong. Eh ternyata pas cek linknya, itu bukan dari blog saya, akun instagram saya, maupun akun facebook saya. Kalo ambil gambar sebenarnya gak masalah kan, asalkan dia kasih link/sumber dari mana foto itu diambil. So penasaranlah saya, saya klik kan linknya. Ternyata eror, berkali-kali dicoba pun tetap eror. Mungkin blognya sudah tidak aktif. Jadi saya tidak mengetahui tujuan penggunaan foto saya, dan apakah dia mencantumkan link sumber dari akun sosial media saya. Jadinya ya saya tidak bisa menjudge yang bersangkutan nyolong foto saya.

Nah dari banyaknya kejadian nyolong-nyolong foto tanpa izin di dunia maya, saya kepikiran buat bikin watermark di foto saya😀 . Ntar deh saya belajar bikin watermark di foto saya. Selama ini saya gak pernah pake watermark karena emang belum tau caranya😛 . Pernah googling, katanya musti donlod aplikasi apa gitu. Jadi penasaran saya hahaha, semoga secepatnya saya bisa kasih watermark untuk foto-foto saya di postingan selanjutnya😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s