mayangkoto

my story, my life

BLT Benih Tanaman

5 Komentar

Pasti udah pada tau BLT kan, itu loh istilah untuk program pemerintah bantuan langsung tunai😀 . Sejak bergabung dengan grup-grup pencinta tanaman. Baru tau juga ada istilah BLT-BLTan. Jadi di beberapa grup tanaman gitu di facebook. Ada yang suka berbagi benih yang dia punya kepada sesama member grup tersebut. Nah biasanya pemberi BLT benih bakalan ngasih benih per tema gitu. Misalnya edisi blt tomat, cabe, ato bunga gitu. Dalam satu tema misalkan blt tomat, maka akan diberikan benih tomat dari berbagai jenis yang lumayan banyaklah jumlahnya😀 . Terus biasanya ada bonus seed diluar tema tadi🙂 . Kita yang pengen blt itu palingan dikenai ongkir+biaya tetek bengek. Kalo di grup tempat saya bernaung #ceileh😀 , cuma kena biaya penggantian Rp.35.000,- aja😀 . Murah lo, karena kalo beli di olshop gitu satu jenis seed biasanya kena Rp.10.000,- . Sementara dalam paket BLT minimal ada 10 jenis seed, cuma kena Rp.35.000,- aja. Murah banget kan😀

Dari dulu pas pertama-pertama gabung ke salah satu grup fb tanaman, udah mupeng pengen dapet blt benih ini. Tapi biasanya telat tau😦 , jadi paketnya udah habis😦 . Dua minggu lalu, kebetulan banget bisa dapetin paket blt benih tomat. Dapet 12 jenis tomat plus bonus aneka seed(gak tau benih apaan) sama selada red rapid. Paketnya udah sampe di rumah minggu kemaren. Mau aplod fotonya, eh kok fotoya gak ada lagi di memori hp. Entar deh difotoin lagi😀 . Berikut daftar jenis tomat yang saya dapetin :

1. Blocky Grape : 5 seeds
2. Yellow Pear : 8 seeds

11870705_948437921845363_4063148820283482306_n
3. Tomberry (Yellow) : 10 seeds
4. Tomberry (Red) : 10 seeds
5. Sunshine Cherry : 5 seeds
6. Truss Cherry : 5 seeds
7. Red Unique : 8 seeds
8. Plum Tomato : 5 seeds
9. Golden Cherry : 5 seeds
10. Big O : 3 seeds
11. Sweet Raisin : 8 seeds
12. Sunberry : 5 seeds

Tomat big o sama tomat satu lagi lupa emang dapet jumlah seed sesuai yang tertera seperti di atas. Tapi untuk jenis yang lain, dapet jumlah seed yang melimpah hehehe. Lumayan bikin saya bingung mau nyemai di mana😀 . Ampe sekarang itu benih tomat belum disemai. Antara bingung mo beli pot atau polybag aja terus metannya juga belom dibeli😛 . Nah, urusan tomat aja belom kelar, saya udah nambah beli blt bunga😆 P

Ceritanya deket-deketan ama blt tomat itu, ada pembagian blt bunga. Tapi waktu itu saya gak kebagian😦 , mupeng deh liat beberapa jenis bunganya😦 . Nah beberapa hari lalu ada blt bunga lagi. Dasar lagi mujur, dapet deh. Saya yang terakhir dapet ni paket, senengnya😀 . Berikut jenis-jenis seed yang saya dapetin :

1. Cockscomb: 3 seeds (Super Red)

11885180_953596254662863_2364553320053201726_n
2. Sun Flower : 2 seeds (Sunbrust)
3. Corn Flower : 4 seeds
4. Zinnia : 4 seeds
5. Sun Flower : 2 seeds (Giant Single)

11953275_953596244662864_137718709595380234_n
6. Calendula : 4 seeds

11951412_953596027996219_5671243218771390994_n
7. Plumed Celosia : 3 seeds
8. Marigold : 4 seeds
9. Mesembryanthemum : 3 seeds
10. Ruellia : 10 seeds

FREE BONUS
11. Delima (Merah)
12. Delima (Putih)
13. Strawberry

Semua jenis tomat sama bunganya saya sudah googling buat liat penampakannya seperti apa. Beberapa foto terlampir ya, lagi males aplod semuanya😀 . Nama bunganya keren-keren ya, tapi beberapa jenis bunga di atas, adalah bunga yang banyak di temui di sekitar kita🙂 . Dapet bunga matahari, yes😀 . Soalnya seperti biasa, semaian bunga matahari percobaan tahap dua udah subur, udah keluar bakal bunga, eh patah lagi gara-gara kucing berantem, hadeh😥 . Terus ada benih tobeli😀 . Saya udah ancang-ancang mo beli batang stroberi online nih😀 . Moga percobaan saya nyemai benih stroberi nanti berhasil😀 . Doain ya😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

5 thoughts on “BLT Benih Tanaman

  1. Min bisa gak tomat jenis satu sama jenis lain disilangin? thanks

    Suka

  2. hai………….boleh tau nama/link grup tanaman yang bagi BLT ini? tks infonya………..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s