mayangkoto

my story, my life

11141351_854308497985507_9078388217439679194_n

Beli mawar :D

16 Komentar

Jadi ceritanya aku kan kepengen banget melihara mawar. Dari dulu waktu aku masih sekolah, aku udah sering banget beli setekan mawar. Tapi gak pernah ada yang berhasil bertahan hidup. Pas awal-awal kerja juga pernah coba bel juga, yang warna kuning sama mawar batik. Tapi nasibnya sama, gak ada yang berhasil bertahan hidup😦 . Jadilah akhirnya bilang ke diri sendiri kalo kamu gak cocok piara mawar😦 . Padahal liat temen-temen facebook yang pada punya mawar kok oke-oke aja mawarnya. Seger, rajin berbunga gitu, dan selalu bilang perawatannya gampang kok, gak butuh macem-macem kalo mawar mah😀 . Lah kok di saya mati melulu ya😀 . Jadi ya saya kubur aja deh impian saya buat punya mawar di kebun😀 . Nah, beberapa waktu lalu ceritanya tetangga depan rumah beli mawar. Mawarnya pink, gede pula. Dari rumahku aja bisa keliatan dan ketauan kalo mawarnya emang punya kuntum bunga yang gede. Wah panaslah hati ini, terus adekku juga ngomporin “uni beli mawar dong”😀 tambah tersulut deh😛 . Kebetulan beberapa waktu yang lalu pas lagi beli metan buat tanaman-tanaman tercinta, secara tak sengaja mata ini melihat hamparan mawar di salah satu nursery (halah bahasanya😛 ). Tapi yang berbunga cuma beberapa pohon aja, yang lain masih berupa daun. Nah rata-rata yang berbunga itu warnanya pink. Tapi kok aku kurang sreg ya, terlalu biasa gitu kalo pink mah😛 . Tetangga depan rumah kan pink juga, masa’ kita ikutan ngepink juga😀 . Untungnya ada ketemu yang merah hati, dan itu satu-satunya mawar merah hati yang berbunga saat itu. Jadi aku putusin buat ngadopsi yang itu aja😀 . Harga Rp.10.000,- , murah ya😀 . Masih kecil sih, batangnya aja kecil, keknya rapuh banget, bunganya juga kecil. Sepertinya memang bukan mawar bertipe kuntum besar, tapi gak papa deh buat eksperimen😀 . Kalau di nursery begini, mawarnya pake polibag, ini keuntungan beli mawar di nursery menurutku. Sampe di rumah, si mawarnya gak langsung aku kasih rumah baru. Terispirasi tetangga depan rumah yang ngebiaran mawarnya beberapa waktu dalam polibag sebelum dipindahin ke pot. Jadinya emang top banget tu mawar di tangan tetanggaku. Walaupun aku gak ngeliat langsung mawarnya, tapi dari rumahku aja keliatan banget progres mawar tetanggaku itu. Rajin berbunga, bunganya gede selalu, daunnya rimbun. Pokoknya subur gitu, nah aku kan juga kepengen mawarku jadi kek begitu😀 . Di tanganku, mawarku ini baru berbunga sekali aja. Udah rontok minggu kemaren bunganya, dan sekarang lagi nungguin tunas baru keluar. Posisi si mawar masih di polibag sih. Nutrisi yang aku udah coba kasih itu ampas kopi ama cacahan kulit pisang. Kulit pisang kutabur di permukaan metan. Harusnya sih di akarnya, tapi kalo gitu kan musti dibongkar dulu kan ya hehehe. Ntar kalo dia udah pindah rumah aku kasih deh kulit pisang di akarnya😀 Selama sebulanan ini mawarku sukses hidup😀 . Jadi kepengen nambah koleksi dong😛 . Nah tanggal 30 kemaren kan gajian tuh😛 , ke pasar deh. Rencananya mo beli mawar ijo yang dulu pernah kuliat dijual di pasar. Tapi ternyata pas hari itu, dari kejauhan gak keliatan ada mawar ijonya, ya udah gak aku samperin. Eh gak taunya, gak jauh dari sana ada yang jual mawar juga😀 . Mawarnya gede-gede dan murah sih menurutku, yang kecil 15ribu, yang gede 20ribu. Dibandingin ama mawar ijo yang harganya 35ribu hehehehe, tapi mawar ijo emang susah dicari kan ya😀 . Ada mawar warna ungu, dan itu cuma satu-satunya. Gak pake mikir langsung aku ambil, harga 20ribu, kecil sih batangnya. Yang lain aku ambil warna kuning ama putih. Warna kuning karena aku dari dulu suka banget ama mawar kuning entah kenapa. Kalo yang putih aku ambil cuma karena suka liat bunganya gede banget😀 dan pas nyampe rumah baru nyadar kalo si mawar putih ini wangi banget:mrgreen: . Soalnya yang lain seperti biasa gak ada baunya hehehe. Yang kuning harga 20ribu, karena ada 2 kuntum bunga, yang putih harga 15ribu. Kena 55ribu kan tuh, aku tawar 50ribu hehehe. Awalnya gak dikasih, tapi akhirnya mau juga ngasih harga 50 ribu untuk 3 batang mawar itu😀 . Pas udah selesai belanja mawar, disebelahnya aku belanja buah. Terus pas lagi belanja buah aku dipanggil ama yang jualan mawar. Abangnya nawarin mawar 2in1, dua warna dalam 1 batang. Warnanya merah hati sama pink. Abangnya kasih harga 15ribu aja, dari yang tadinya 20ribu. Yah, aku beli juga deh tu mawar 2in1:mrgreen: Dari tadi aku cerita terus ya, pasti penasaran ama penampakannya😀 . Yuk langsung aja diliat😀

mawar 2in1

mawar 2in1

Mawar ungu :D

Mawar ungu😀

Mawar kuning dan putih ditanam dalam satu pot

Mawar kuning dan putih ditanam dalam satu pot

Kenapa mawar kuning dan mawar putih ditanam dalam satu pot? Gak ada pot lebih soalnya😀 . Ini aja manfaatin pot si petunia yang gagal semai😆 . Si mawar ungu nempatin pot brazillian button apa paper daisy gitu, si mawar 2in1 juga manfaatin pot yang benihnya gagal semai:mrgreen: . Belom sempet beli metan ama pot baru soalnya😀 . Lagian ini mawar-mawar musti segera ditanam, soalnya dia gak pake polibag. Ini kelemahan beli mawar pinggir jalan. Setekan mawarnya udah berakar sih, terus dikasih sekam dikit, dibasahin air, terus dibungkus pake kantong plastik. Ya mo gak punya tempat, gak ada tanahnya kek, tu mawar pokoknya harus segera langsung ditanam. Wah diriku khawatir mawar2 ini bakalan mati😮 . Sebelum ditanam, aku cincang kulit pisang dulu. Kan kulit pisang katanya kaya kalium ya😀 , jadi bagus buat mawar😀 . Sekarang tu mawar-mawar ditarok di tempat teduh tujuannya menghindari penguapan berlebih. Dih daunnya jadi kuning-kuning, pada rontok😮 . Si mawar 2in1 kan yang warna pinknya beum mekar tu, masih kuncup, eh malah layu😦 . Gak tau deh kedepannya gimana nasibnya si mawar-mawar ini. Moga hidup semua deh. Gak terlalu aku perhatiin tu mawar-mawar. Soalnya kalo dimanja takutnya malah mati😀 Sekian dulu cerita berkebunku hari ini. Kapan-kapan disambung lagi😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

16 thoughts on “Beli mawar :D

  1. Kasih ampas kopi jangan kebanyakan, cukup tabur sefikit dipermukaan tanah. Gunanya ampas kopi utk menghalau kutu. Klo kebanyakan, mawarnya jd kuning dan rontok. Pengalaman pribadi soalnya nih.

    Suka

  2. pengen juga berkebuunn, hehehe… ternyata bener harus telaten ya… kasih kulit pisang segala…

    Suka

  3. Eh mawar ijo macammana yaaa, kok penasaran #BrowsingAh

    Suka

  4. Ping-balik: Beautiful Rose | mayangkoto

  5. Ping-balik: Kebunku Pagi Ini | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

