mayangkoto

my story, my life

Perkembangan Benih Bunga yang Saya Semai

6 Komentar

Lama gak ngepost😛 , karena sibuk dan gak ada bahan juga kali ya hehehe. Jadilah saya vakum ngepost beberapa hari. Untung ni blog belum dipenuhi jaring laba-laba😛 . Btw kali ini aku mau pamer nih, tentang benih yang aku semai sekitar sebulanan yang lalu. Gimana ya nasibnya, apakah tumbuh ataukah gagal berkembang hehehe . Gak usah panjang lebar kali ya, mari kita langsung ke inti ceritanya. Cekidot😀

Di sini aku udah bikin postingan tentang penyemaian benih part 1. Benih bunga yang ku semai ada viscaria, zinnia, viola, gypsophila, petunia, morning glory, dan sun flower. Ehm ehm, beberapa gagal ehm ehm😛 . Tapi pasti ada yang berhasil dong😀 . Yuk diintip😀

Zinnia – orange king

11707535_872090959540594_2896871115040217324_n

Kebanyakan nih, dan seperti gak terurus ya😦 . Percayalah ini bukan disebabkan oleh saya yang pemalas. Tapi disebabkan oleh kekurangan pot dan media tanam. Beberapa udah dipindahin ke pot kok😀 . Tapi masih banyak lagi yang belom. Rencananya sebagian mo ditanam di tanah aja. Tapi tetep aku mesti beli media tanamnya dulu huhuhu.

Tapi ya, pas aku perhatiin. daun-daun barunya itu kayak menggulung gitu.

10953161_872092412873782_3371754848023335547_n

Gak tau deh salahnya di mana. Apa kena jamur ya? hmm . Yang ini juga ada kutu daun di batangnya. Ih sebel betul liat si kutu-kutu daun itu😡 . Belom sempet bikin larutan bawang putih. Selalu tiap hari direncanain nanti pulang kerja bakalan bikin itu larutan. Tapi ampe sekarang belom sempet-sempet juga. Musti diniatin bener-bener ini😀

Morning Glory- Milky Way

11403270_872092589540431_4868842523254365211_n

Butuh pot baru banget nih >< , lumayan deh subur ni morning gloryku. Karena aku udah tau salahnya di mana pas dulu nanem😀 . Tapi ampe sekarang belom keluar tu bungannya😦 , yang dulu itu baru beberapa daun udah keluar bunganya. Yang ini cuma tambah daun, tambah panjang, ama tambah menjalar doang😆 . Btw ini di daunnya juga banyak kutu daun. Tapi yang di daun morning glory ini yang putih, kalo di zinnia tadi kutu daunnya warna hitam. Kapan ya aku sempet bikin ramuan bawang putihnya ><

Sun flower – Yellow prado

11168921_872091006207256_2685620043016638871_n

Bayangin dari 20 biji yang disemai. Cuma 4 yang berhasil sprout, dan cuma 3 yang bisa survive😛 . Yang dua lumayan deh, sama gedenya. Yang satu lagi kok masih cuilik ya ampe sekarang. Terus daunnya ada bercak kuning-kuning gitu😦 . Pas aku periksa gak ada kutu daun atau apapun gitu. Apa kena jamur ya? Btw di belakang ada penampakan tanaman tomatku yang memprihatinkan. Cuma satu batang aja yang survive dan itupun daunnya keriting kecil penyakitan. Gak ada kutu daunnya. Aku coba pangkas daun-daunnya. Tapi pas tunas baru muncul, daunnya masih gitu juga. Kenapa ya itu😦 , adakah yang bisa memberikan saran?

Gypsophila

11692621_872091892873834_8214541999460067144_n

Yang paling urgen sih dia butuh media tanam tambahan. Aku rada keder juga kalo mo mindahin si baby’s breath ini ke pot baru. Takutnya kalo dipisah-pisah malah mati lagi. Soalnya udah seneng banget gitu liat si gypso ini berhasil tumbuh dengan baik😎 .

Nah dari penyemaian part 1, cuma 4 macam itu aja yang berhasil hidup. Petunia seperti biasa ada yang berhasil sprout, cuma umurnya gak lebih dari beberapa hari😦 . Serba susah terlalu basah dia juga jadi busuk sendiri, kalo kering juga gak bisa😦 . Mungkin bakalan coba buat nyemai lagi:mrgreen: , atau mungkin lebih baik beli tanaman jadi aja kali ya, soalnya kepengen banget punya petunia. Viscaria juga gagal😦 , keknya aku gak beruntung sama benih yang halus-halus😦 . Untuk si viola, ternyata kekhawatiranku bener-bener jadi kenyataan. Tapi ternyata aku tak sendiri:mrgreen: . Yang jual juga nyoba nyemai benih viola ini. Udah ngabisin banyak benih tu yang jual, tapi satupun gak ada yang violanya yang tumbuh. Besok-besok aku belinya benih pansy aja, kapok nyemai viola.

Sekarang lanjut part dua yuk, nah yang aku semai ada dahlia, marigold, paper daisy, clarkia, dan brazillian button.

Dahlia – Pompon mixed

11014845_872091089540581_1657650073130785174_n

 

Dari 8 benih, sebenernya 7 berhasil sprout. Tapi yang bertahan cuma empat aja. Abisnya ada beberapa kejadian yang menyebabkan baby-baby dahlia itu mati😥 . Pertama, lupa tarok di tempat teduh. Ditarok di teras gitu, walhasil kepanggang deh itu baby dahlianya. Langsung kering gitu kecambahnya, untung beberapa baik-baik aja😥 . Kedua, kehujanan parah. Taroh di bawah pohon, eh lupa ngamanin pas hujan. Langsung deh, busuk beberapa. Syukur deh masih ada beberapa yang selamat. Semoga bertahan ampe gede ya😀

Marigold – Harmony Boy

11692611_872091122873911_8838581939282334190_n

Disangga pake gelas air mineral biar gak rebah hehehe

Ini juga sempet kehujanan, padahal pas waktu itu udah ada yang ngesprout satu. Bisa ditebaklah, yang satu itu ya ujung-ujungnya mati kelebihan air. Untungnya kemudian teman-temannya yang lain satu-persatu ngesprout juga😀

Yang lainnya trio paper daisy, brazillian button, clarkia gak ada yang tumbuh satupun😆 . Yang paper daisy sama brazillian button keknya karena kehujanan deh. Katanya mah ya, paper daisy kalo lagi proses semai gini gak boleh kena hujan. Pokoknya rewel gitu, ya udah deh terima resiko kalo si paper daisy ini gagal berkecambah😥

Nah ada satu lagi yang mo kushare ceritanya. Yang ini proses penyemaiannya terpisah karena musti dicold treatment dulu. Yap ini dia si lakspur, yang sebetulnya aku beneran gak yakin kalo dia bakalan tumbuh karena katanya suhu pas nyemai musti kisaran 12-13°C. Ya gak mungkin bangetlah di padang suhunya sampe segitu:mrgreen: . Tapi tapi tapi, ternyata lakspurku ngesprout loh. Seneng banget😀

Daunnya lucu :D

Daunnya lucu😀

Moga survive ampe berbunga ya😀

Selain nyemai benih, aku kan juga nyemai umbi bunga gladiol tu. Tapi ternyata ampe sekarang belom keluar juga tunasnya😥 .

Belum bertunas :(

Belum bertunas😦

Terus curhat gitu di salah satu grup berkebun di fb. Katanya kalo yang bunganya oren emang lelet keluar tunasnya (?), yang penting umbinya gak busuk aja. Lah berarti umbiku dua-duanya ntar bunganya oren dong ya kalo kek gitu situasinya. Aku pernah cek, penasaran kan ceritanya. Terutama buat umbi yang akarnya terkupas. Kenapa kok belom bertunas juga ya, apa busuk gitu ato gimana secara gak ada akar gitu😀 . Tapi ternyata gak busuk sih, walaupun akarnya ampe sekarang belom keluar juga. Yang umbi satu lagi aku gak berani cabut, soalnya pas aku coba angkat gitu berasa ketahan. Kemungkinan sih akarnya udah mengakar ke tanah gitu😀 hehehe, jadinya gak aku cabut. Btw aku beberapa waktu lalu ada nanem bawang putih sebiji, udah lama nanam tapi gak bertunas-tunas juga. Kukira udah busuk tu bawang, tapi ternyata akhirnya dia bertunas juga setelah sekian lama. Mungkin kejadian yang sama juga berlaku buat umbi gladiolku. Jadi ya kuncinya aku musti banyakin sabar😆

Sekian dulu deh postingan hari ini. Maaf kalo postingan kali ini kepanjangan😀 . See u😉

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

6 thoughts on “Perkembangan Benih Bunga yang Saya Semai

  1. Hai Mayang, kalau daunnya menggulung, coba cek dibagian bawah kemungkinan ada kutunya.
    Untuk benih2 spt petunia emang susah, kurang air mati, kelebihan air jadi busuk.
    Klo aku menyemainya di wadah kecil dulu, lalu pot kecilnya kurendam diember, jadi airnya dari bawah nyerap ke ara dan daunnya tetap kering. Bisa direndam 5-10 menitan.

    Gladiol utk merangsang akarnya numbuh, biasanya kurendam air dulu 24 jam, klo pengen cepat2 nanam paling ga 1 jam merendamnya. Lalu potnya taruh ditempat kena matahari langsung. Stl tumbuh baru dipindah ketempat teduh. Happy gardening ya:mrgreen: .

    Suka

    • ok kak, nanti pas pulang kerja langsung aku cek tu daun-daun zinnianya😀

      ooh, aku sering baca di artikelnya kakak, kakak sering pake metode pengairan buat tanamannya kayak begitu. nanti aku cobain klo beli benih petunia lagi😀

      itu rendam-merendam umbi gladiol berlaku juga gak kak untuk umbi yang udah coba ditanam kayak punyaku? kalo ya, mau aku coba rendam air juga kak😀 . soalnya aku dulu langsung tanam tanpa direndam😦

      Suka

  2. Berkebun ini butuh ketelatenan dan kesabaran sedangkan gw orang nya ngak sabar jadi pasti berantakan kalo berkebun hehehe

    Suka

  3. Hai kak.
    Pengen nanam Gypsophila juga nih hehe, lagi mesen dari indo als garden bibitnya.
    Mau tanya gimana perkembangan bibit Gypsophila kakak skrg? Aku tinggal di daerah 18°C – 24°C suhunya, kira2 tumbuh gak ya? Makasih kak🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

