mayangkoto

my story, my life

Menyemai Benih Lakspur – Giant Imperial Mixed

5 Komentar

Dari keseluruhan benih yang saya beli, ini adalah benih pertama sekaligus yang terakhir dieksekusi. Loh kok??? πŸ˜€ . Jadi begini ceritanya, ini adalah benih yang memerlukan perlakuan khusus. Benihnya memerlukan cold treatment. Benih disemai menggunakan kertas peram atau handuk basah. Bungkus dengan plastik kedap udara/zip lock. Terus simpan dalam kulkas selama dua minggu. Hmm, kalo cuma nyimpen doang di kulkas mah gampang πŸ˜€ . Terus zip lock juga gampang dicari. Tapi kertas peram??? mo cari di mana coba πŸ˜€ , lagian saya ini kan orangnya gak mo ribet πŸ˜› . Kalo pake handuk basah, waduh saya gak punya handuk nganggur tuh πŸ˜† . Akhirnya saya pake metode yang dulu buat nyemai benih petunia yang gagal itu πŸ˜€ , pake kapas terus dilapis ama tissu. Proses ini saya kerjakan malam hari, tanggal 21/5-2015.

Akhirnya hari yang dinanti pun tiba. Setelah dua minggu, tepatnya pagi ini benihnya saya keluarin dari kulkas πŸ˜€

Lakspur

Setelah saya keluarin dari zip lock, ternyata ada kayak jamur gitu yang tumbuh 😦 . Untungnya benih yang kena jamuran gitu cuma 1 aja

11350543_858600974222926_2409274236183647266_n

Abis itu saya semai pada media kompos campur cacahan batang pakis dan sekam bakar

11390273_858600774222946_4084316024788791977_n

Germinasi pada suhu 12-13Β°C atau suhu yang lebih rendah. Gak yakin numbuh sih πŸ˜† . Serendah-rendahnya suhu di kota padang, palingan ada di kisaran 24Β°C. Masukin kulkas lagi? Waduh saya nanti bisa dipentung mama saya kalo masukin tanah gitu ke kulkas walaupun nantinya dibungkus plastik :mrgreen: . Jadi ya saya pasrahin aja, semoga dia bisa beradaptasi dengan suhu di Padang yang menyengat ini πŸ˜€ . Mungkin ada yang nanya kenapa nekad beli ini padahal tau bakalan susah idup. Karena ini belinya paketan murah meriah gitu. Isinya udah ditentuin apa aja, jadi gak bisa milih gitu. Karena udah dapet ya sudah, diusahakan untuk menyemai walaupun mungkin kurang maksimal hehehehe πŸ˜›

Akhirnya tuntas sudah proses semai menyemai saya periode kali ini πŸ˜€ . Tinggal nunggu semua benihnya ngesprout πŸ˜€ . Kalo masih ada yang gagal, yah itu belom rezeki saya. Di lain hari semoga ada kesempatan untuk mengulang kembali menyemai benih-benih tersebut πŸ™‚

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

5 thoughts on “Menyemai Benih Lakspur – Giant Imperial Mixed

  1. Metode cold treatment memang ribet, aku pernah lakukan untuk tulip yg telat nanam.
    Embun dalam plastik bikin jamur, biasanya aku goyang2 spy embunnya hilang. Tetap saja pas dibuka plastiknya umbinya busuk 😦 .

    Suka

  2. u pecinta tanaman kayak kak nella yah mayang

    Suka

  3. Ping-balik: Perkembangan Benih Bunga yang Saya Semai | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

