mayangkoto

my story, my life

Menyemai Benih Aneka Bunga Part II

9 Komentar

Di sini aku udah bahas sebagian benih yang ku semai terlebih dulu. Sisanya akhirnya berhasil ku eksekusi hari minggu tanggal 31/5-2015 kemaren🙂 . So langsung aja diliat-liat yuk😀

1. Dahlia – Pompon Mixed

Lumayan gede benihnya, rada-rada mirip benihnya zinnia

Lumayan gede benihnya, rada-rada mirip benihnya zinnia

Aku lumayan khawatir bakalan gagal menyemai benih dahlia ini. Trus nanya-nanyalah sama yang jual. Kata yang jual, kunci supaya gak gagal semai adalah menjaga kelembaban media. Jangan terlalu basah, jangan terlalu kering. Kalo aku sih gini, isi pot semai setengahnya aja, terus basahin media. Tebar benihnya, terus lapis lagi pake media tanamnya tipit-tipis. Abis itu kita semprot permukaan medianya pake spray supaya lembab. Trus simpan di tempat teduh. Kalo permukaan media keliatan kering, aku semprot dikit aja biar keliatan basah gitu. Dan tada hari ketiga dia sudah mulai sprout:mrgreen:

Kecambah Dahlia

(foto diambil hari ketiga setelah penyemaian)

Wkwkwkwk, lagi-lagi gak keliatan ya. Ituuh, yang warnanya kuning nan menyilaukan itu😆 . Ntar kalo dah lumayan gede bakalan aku aplod lagi😀

2. Marigold – Harmony Boy

11209686_856126887803668_5851690100426084785_n

Baru tau lo kalo ternyata benih marigold itu penampakannya lurus runcing begitu macam jarum😀 . Ini cara tanamnya juga sama kek si dahlia. Sampai tadi pagi aku cek, benihnya belom ngesprout hehehe

3. Paper Daisy – Giant Double Mixed

Paper Daisy

Ini lagi, ternyata benihnya unik sekali. Seperti bersalut bulu gitu😀 . Wah-wah ternyata masing-masing bunga punya bentuk biji yang beraneka ragam ya . Karena sudah menyemai belasan jenis benih, jadi nemu berbagai jenis benih bunga yang unik-unik deh:mrgreen: . Cara tanamnya juga sama kek dahlia ama marigold

4. Clarkia – Double Mixed

Benih Clarkia

Karena tergolong benih yang halus, benihnya cukup disebar di atas media tanam yang sudah dibasahi. Terus tarok deh di tempat yang teduh

5. Brazillian Button – Pineapple Sangria

Benih Brazillian Button

Ini unik juga benihnya. Bentuknya kayak pelet gitu hehehe. Cara semainya sama kek dahlia. Tapi di instrusksinya disuruh tutup pake plastik hitam. Tapi di aku sih gak aku praktekin:mrgreen: Bukan apa-apa sih, cuma aku lagi gak mau ribet aja aka males😆

Semua pot semaian ini, abis tanam langsung aku tarok di bawah batang jambu gitu. Karena pada hari H penanaman, kota Padang lagi terik-teriknya😦 . Biasanya kan aku naroknya di teras aja. Tapi kalo ku tarok di teras, bakalan terpanggang itu benih-benih hehehe

pot semai

Trio clarkia, paper daisy, dan brazillian button. Sudah diamankan ke tempat yang adem😎

Marigold

Marigold pun sudah aman ternaungi oleh dedaunan aglaonema🙄

For OOT dikit😀

Mulberry Tree

Saking ademnya suasanya di bawah batang jambu ini, pohon arbei yang kami stek tumbuh dengan sangat subur. Susah loh nemu pohon arbei/mulberry di Padang. Biasanya ini numbuhnya di daerah dataran tinggi gitu. Jadi beberapa bulan lalu keluargaku jalan-jalan ke danau maninjau. Terus adekku bawa pulang potongan ranting si arbei ini. Ditancepinlah ke pot yang sebenarnya keadaannya memprihatinkan banget. Kenapa begitu, karena dulu kita juga udah nyoba nyetek si arbei ini tapi gagal. Jadi ya aku tidak berharap tinggi kalo setekan yang ini bakal berhasil. Eh ternyata beberapa waktu kemudian si setekan ini menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Lalu ditambahinlah media tanam yang lebih layak:mrgreen: . Terus ama mamaku potnya dipindahin ke bawah batang jambu. Ternyata jadi subur banget daunnya. Tinggal nunggu dia berbuah aja lagi😎 .
Di pot yang sama ada kembang jam empat/Mirabilis yang untuk saat ini kami yakini bunganya berwarna putih (ditanam dari biji dan belum pernah berbunga soalnya😆 ). Kami udah punya yang warna pink, lagi nyari yang kuning sama yang putih. Tahun kemaren dapet biji bunga yang warna kuning. Aku yakinnya sih begitu, sampai ketika akhirnya dia berbunga warna bunganya malah seperti ini :

Mirabilis

Sebelah kiri warnanya hot pink. Yang kanan ini loh, warnanya bukan pink, bukan oren juga. Bingung juga jelasinnya gimana😀 . Yah untungnya bukan pink aja deh bunganya. Soalnya pas kuntum bunganya keluar pas mau mekar gitu kan penampakannya pink gitu, kami udah hopeless. Ngira bakalan keluar bunga pink lagi. Eh ternyata keluar dengan warna yang berbeda. Tapi cuma satu aja baru bunganya yang keluar. Bentar lagi bakalan keluar beberapa kuntum lagi. Semoga emang beneran warnanya kayak gini deh😀

Sekian dulu aja cerita kali ini. Semoga benih-benih yang kusemai sukses semua😀 . Jadinya ada peningkatan dibanding percobaan pertama yang dulu:mrgreen:

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

9 thoughts on “Menyemai Benih Aneka Bunga Part II

  1. Dahlia dan marigold gampang numbuh dari benih, klo benih bunga lain yg Mayang sebut belum pernah kutanam😀 . Bunga pukul 4 punyaku thn lalu warnanya kuning dan merah, tuh bunga manja ga tahan panas, panas dikit daunnya layu banget, pdhl sdh taruh pojokan ga kena matahari langsung.

    Suka

    • Ini baru pertama kali nyoba nanam dahlia kak. Soalnya ada baca beberapa orang yg gagal menyemai benih dahlia, makanya takut banget gagal😀
      Hehehe, kalo aku yang warna hot pink itu nanamnya di halaman terbuka kak. Jadi kena panas banget gitu, gak layu sih. Cuma warna daunnya jadi kuning gitu dan agak jelek daunnya😀 , yang satunya baru ditarok di teras aja😀

      Suka

  2. mayang, gmn caranya pesan bibit di al’s garden?
    aku pesan lewat sms udah seharian belum di balas

    Suka

  3. Ping-balik: Perkembangan Benih Bunga yang Saya Semai | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s