mayangkoto

my story, my life

Menyemai Benih Aneka Bunga

4 Komentar

Sebelumnya aku udah cerita kalo aku beli benih bunga lagi 😀 . Nah hari minggu kemaren, beberapa jenis benih udah aku eksekusi. Beberapa belom sempet karena kekurangan pot dan media tanam 😛 . Jadi yang lain terpaksa ngantri dulu 😀 . Aku bakalan cerita tentang beberapa benih yang udah ku semai. Yuk diliat 😀

1. Viscaria – Oculata Mix

Benih bunga viscaria, kecil-kecil banget ya :D

Benih bunga viscaria, kecil-kecil banget ya 😀

Viscaria

Kalo menurut petunjuknya, benih cukup ditebar di permukaan media tanam. Setelahnya benih ditekan pelan-pelan ke media tanam. Benih tidak perlu dilapisi dengan media tanam lagi. Karena benih-benih super halus butuh cahaya matahari untuk berkecambah. Katanya viscaria butuh sinar matahari penuh dan media tanamnya harus memiliki drainase yang baik. Sampai saat tulisan ini aku posting, benihnya belum berkecambah

2. Zinnia – Orange King

Nah di pahe bungaku itu kan ada dapet benih zinnia 10 biji, tapi ternyata aku dapet bonus lagi benih bunga zinnia (orange king juga) 20 biji. Bingunglah aku, biji sebanyak itu bakalan diapain. Jad yang aku semai duluan yang bonus benihnya aja

10386778_854304494652574_5841421603398003399_n

11218966_854304271319263_521596197276481320_n

Menurut petunjuknya, benih ditanam dengan kedalaman 0.5-1cm.  Habis itu benih ditutup pake plastik hitam. Tapi di aku, gak aku tutup pake plastik hitam. Salah satu blogger pernah ngebandingin benih zinnia antara ditutup dengan gak ditutup plastik hitam. Yang ditutup plastik hitam, nantinya pas sprout kecambahnya jadi tinggi banget gitu. Aku gak mau itu terjadi, karena bakalan bikin kecambahnya rawan patah. Makanya aku gak kasih tutup pake plastik hitam. Ternyata si zinnia ini cepet banget sproutnya lo. Hari kedua kecambahnya sudah mulai keluar

Foto diambil hari ketiga setelah penyemaian

Foto diambil hari ketiga setelah penyemaian

3. Viola – Johnny Jump Up

10622714_854308274652196_941139939607424346_n

Nah ini rada kumanjain dikit. Potnya kututup plastik, kusimpan dalam rumah. Petunjuk semainya, benihnya ditanam tidak boleh melebihi 0.5cm. Jadi di aku, aku sebar benihnya di permukaan media tanam. Terus aku lapisin tipis-tipis pake media tanam. Terus kan musti ditutupin pake plastik item, aku males nyari plastik item 😛 . Nemunya plastik putih tapi tebel, ya udah kututupin pake itu aja 😆

Viola sudah disemai

Viola sudah disemai

Sampai tulisan ini diposting, benihnya belum berkecambah

4. Gypsophila – Covent Garden (Baby’s Breath)

Pas pertama aku liat penampakan covernya aku mikir kok bunganya kayak baby’s breath ya, tapi kenapa namanya gypsophila (ribet amat namanya -_-). Ternyata si gypso ama baby’s breath itu bunga yang sama 😆 beda nama doang 😀

Benih Baby's Breath

Benih Baby’s Breath

Lumayan gede ya benihnya. Karena gede benih harus ditanam lumayan dalem gitu sekitar 1.5 cm. Dari hari pertama semai, pot semainya udah kena terik matahari yang luar biasa 😆 . Tapi dua hari kemudian ternyata mereka sudah berkecambah. Duh, seneng banget liatnya 😀

Mulai berkecambah.

Mulai berkecambah. Foto diambil hari ketiga persemaian

G ak terlalu keliatan ya tunasnya 😦 . Liat aja yang warnanya kuning-kuning gitu, itu kecambahnya hehehe. Moga survive ampe berbunga ya 😀

5. Morning Glory – Milky way

Lupa motoin bijinya 😀 . Nah untuk biji morning glory, sebelum di tanam, biji musti direndem dulu di air, supaya cangkang bijinya pecah gitu. Aku rendam pagi, sorenya masih belum pecah juga cangkang bijinya. Tapi sudah mulai terlihat retakan gitu. Males nunggu lebih lama lagi, aku tanam aja tuh biji. Ada 4 butir biji, tapi ternyata cuma 3 butir aja yang berhasil 😦

Foto diambil hari ketiga persemaian

Foto diambil hari ketiga persemaian

Doain ya, moga yang kali ini berhasil survive 😀

6. Petunia – Confetti Mixed

Kayak pasir ya :D

Kayak pasir ya 😀

Saking kecilnya, jadi gak kayak isi 50 butir ya 😀 . Petunjuk penyemaiannya, benih disebar dipermukaan tanam. Terus nanti potnya ditutup pake plastik transparan

Benih petunia sudah disebar di media tanam

Benih petunia sudah disebar di media tanam

Sampai tulisan ini diposting, si petunia ini belom sprout 😀

7. Sun Flower – Yellow Prado

Ini sama sekali lupa poto-poto 😦 . Soalnya benih ini yang pertama kali dieksekusi, mungkin karena itu jadi lupa dokumentasi. Tak apa, ntar pas balik ke rumah kufotoin deh penampakannya. Jadi untuk menyemai biji bunga matahari ini aku pake wadah semai sementara yang dibuat sendiri dari kertas koran. Terinspirasi dari blog ini, karena kan akar bunga matahari itu bisa panjang banget, bakalan ribet kalo dipindahin. Jadi bikin wadah sementara aja dulu gitu 😀 . Jadi nanti pas dipindahin ke pot permanen, langsung sekalian aja ama wadah sementaranya ini, karena bakalan hancur sendiri nantinya 🙂
Udah dicek, ampe tadi pagi sih baru 2 yang berkecambah, moga sodaranya yang 8 “ekor” lagi nyusul 😀

Update fotonya 😀

11107366_854675341282156_5010753143827043846_n

Segitu aja dulu, rencananya hari minggu ini bakalan nge-eksekusi sisa benih yang lainnya. Tunggu cerita selanjutnya ya 😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

4 thoughts on “Menyemai Benih Aneka Bunga

  1. Iya kalau bunga matahari lebih baik tanam langsung tdk mperlu di tray penyemaian, krn kan benihnya besar. Nah benih bunga yg spt pasir ituh susah susah gampang menyemainya.

    Suka

    • keterbatasan media tanam ini kak, makanya bunga mataharinya disemai pake wadah semai sementara aja 😀

      iya nih kak, kemaren gagal nyemai petunia. skrg nyoba lagi, siapa tau lebih beruntung hehehe 😀

      Suka

  2. Ping-balik: Menyemai Benih Aneka Bunga Part II | mayangkoto

  3. Ping-balik: Perkembangan Benih Bunga yang Saya Semai | mayangkoto

Tinggalkan Balasan

