mayangkoto

my story, my life

Cerita menyedihkan dari kebunku

Tinggalkan komentar

Sebelumnya di sini aku udah cerita tentang pertumbuhan benih-benih yang ku beli. Hari minggu kemaren aku beberes, ngerapiin pot-pot yang sudah ditinggal penghuninya. Sepertinya aku tau kenapa morning gloryku gagal survive. Ini mulanya karena aku liat tanaman moss roseku. Kan awalnya seger gitu, udah keluar banyak tunas baru. Eh tiba-tiba jadi meranggas gitu, daunnya pada rontok. Jadi hari minggu karena libur langsung deh, ku periksa ada apa. Jangan sampe itu moss rose ikut-ikutan mati. Secara dia kan amat sangat gampang hidup, kok bisa rontok gitu daunnya. Setelah dibongkar ternyata ckckck, ada yang salah dengan medianya. Medianya itu kering di atas, tapi di dasar potnya beuh udah kayak tanah liat gitu. Basah, lengket memadat, bisa dibikin pot tanah liat tu pake tu tanah😆 . Akhirnya aku tau kesalahanku. Sebelumnya aku kalo beli kompos sekarung pasti sekalian ama cacahan batang pakis juga sekarung. Nah terakhir beli kompos, aku gak sekalian beli pakisnya. Kepedean cukup menanam dengan kompos aja, ternyata itu salah😦 . Nah untuk si moss rose, cabe pelangi, ama morning glory aku makenya cuma kompos blek. Sepertinya ini yang bermasalah. Permukaan media sangat amat kering, tapi media jadi basah memadat di bawah, sehingga drainase terhambat. Pas aku bongkar uh keras, liat banget tanahnya. Mungkin itu juga yang menyebabkan cabeku gak mau berkembang, sepertinya akarnya menjadi sulit menembus media yang menjadi sangat liat. Dan mungkin itu yang menyebabkan morning gloryku mati, sedihnya😥

Yah biarlah ini jadi pengalaman berharga untukku ke depannya. Apdet dikit, sun flowerku satu-satunya udah berputik. Kecil-kecil gitu udah berputik, aku kaget, seneng, heran😀 . Tapi, tapi, tapi dia ternyata tidak bertahan juga. Batangnya patah, padahal bunganya belum mekar huaaaaa😥 . Entah kerjaan kucing ato tikus😦 , yang jelas bunga matahariku tidak selamat😦 . Untuk petuniaku yang sebiji itu juga gak selamat😥 , aku lupa nyiram. Jadi keringlah dia, huaaaaa😥 . Tomatku entah kenapa ada masalah ama tunas barunya, di cek medianya gak ada yang salah. Gak ada hama juga yang menempel di daun atau batangnya. Jadi aku gak tau tu tomat kenapa, duh jangan ampe ikutan mati juga😦 . Kesimpulan, sejauh ini dari 7 benih yang kubeli, cuma tomat ama cabe yang berhasil bertahan hidup. Walaupun hidupnya mancaguik-caguik (istilah minang)😀

Tapi gak papa deh, lain kali kubeli lagi benihnya dengan persiapan tempur yang lebih memadai, tunggu aja😀 . Oh ya aku ada pesen wijaya kusuma mini bunga putih ama 14 jenis moss rose😀 . Senin dikirim, kemaren nyampe. Cuma sehari aja lama pengirimannya, lumayan kan. Bunganya jadi tidak terlalu dehidrasi. Kemaren sore pulang kerja langsung ku tanam. Maaf belum ada penampakan. Masih pada terkulai. Ntar kalo dah cakepan dikit baru deh aku pamerin😀 . Untuk satu jenis moss rose aku dapet banyak banget setekannya. Untuk wijaya kusuma aku dapet 3 batang. Penasaran kalo wijaya kusuma berbunga bakalan kayak apa. Tapi sayangnya dia mekar malem😦 . Musti ngalong supaya bisa liat dia berbunga😀

Segitu dulu aja ceritaku kali ini, tunggu artikelku selanjutnya ya😀

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

Tinggalkan Balasan

