mayangkoto

my story, my life

Potret diri dari Seorang Taeyeon di Ulang Tahunnya yang ke-26 : For As Long As She Can

Tinggalkan komentar


Tahun 2013 silam, tepatnya tanggal 22 Desember, Girls Generation
menggelar konser Märchen Fantasy, yang berlangsung di Korea
International Exhibition Center.
Usai membuka konser, para member
tidak lupa untuk memperkenalkan diri mereka satu persatu, namun kali ini mereka melakukan pengenalan diri dengan cara yang dulu mereka lakukan. Setelah Sunny dan Tiffany, memperkenalkan diri mereka sebagai “energy pill” dan “brighter than gems Fany Fany Tiffany”, kini giliran Taeyeon. Kembali ke tahun 2007, dia memperkenalkan dirinya sebagai “kid leader”.

“Aku terlahir di tengah-tengah masyarakat sebagai Girls Generation.
Karena itu, aku ingin selamanya menjadi Girls Generation untuk mereka.”

Dan kini ia dikenal sebagai leader yang berbeda dengan leader lainnya.
Taeyeon memiliki pribadi yang pemalu dan tertutup, dan member yang
lainpun sapakat bahwa mereka tidak tau sama sekali tentangnya. Sudah dari awal ia merasa sulit untuk menjadi seorang pemimpin, karena para member yang lain memiliki kepribadian yang lebih ceria dan menyenangkan daripada dirinya, dan juga karena karena dia adalah anggota tertua meskipun ada 5 orang yang seumur dengannya.
Namun, seseorang pemimpin yang baik tidak selalu seseorang yang terpilih. Sekali lagi Taeyeon menunjukkan cara memimpinnya yang unik, ia mampu membuat para personil yang lain “bersinar” dengan caranya masing-masing, contoh : ia memberikan kesempatan kepada membernya yang lain untuk menyampaikan ucapan terimakasih tiap kali mereka menerima penghargaan. Tidak seorangpun yang memperbolehkan mereka *member*
menjadi pemimpin, namun Taeyeon, mempersilahkan mereka untuk bisa memimpin diri mereka masing-masing.

“Jika aku adalah seorang penyanyi tunggal, aku tidak yakin akan bisa
bertahan sejauh ini, apalagi untuk melewati ini semua. Para memberku
adalah energi ku, vitaminku dan kekuatanku”

Karena gayanya inilah membuat banyak orang melihat Taeyeon sebagai pemimpin yang memimpin dengan gaya yang natural, dengan tidak melupakan para membernya. Meskipun Taeyeon sering memberikan kesempatan kepada membernya untuk memberikan ucapan terimakasih saat menerima penghargaan, namun tetap saja para member ingin si Kid leader ini yang memberikan ucapan tersebut. Taeyeon itu lebih sering memberi contoh dari pada memaksa untuk mencontohnya, hal ini dibuktikan di hari terakhir 2nd Japan tour mereka, ia membacakan surat yang ia tulis sendiri menggunakan bahasa Jepang dan di tujukan untuk penggemarnya. Surat itu berisikan ucapan terimakasih untuk SONE dan ia membacakannya mewakili membernya yang lain.

“Memberikan kesempatan untukku mencintai dan dicintai, aku benar-benar berterimakasih.”

Taeyeon adalah ‘dalang perampokan’ sosial media yang terjadi belakangan ini, dimulai dari Instagram yang langsung ditiru oleh 4 personil lainnya, 2 personil untuk weibo, 2 orang untuk twitter dan bahkan channel di Youtube. Taeyeon melanggar janji yang pernah disepakati bersama bahwa mereka tidak akan membuat akun sosial media manapun, namun nampaknya dia berubah pikiran karena baginya penggemar ingin tau banyak tentang Girls Generation dan itu juga memberikan kesempatan bagi member yang lain untuk mengikuti jejaknya juga. Melalui akun pribadi tersebut, mereka ‘berbagi’ keseharian mereka dengan para fans, dari unggahan foto-foto hewan peliharaan mereka, liburan, foto masa kecil, anggota keluarga, ski, dan banyak lainnya. Obrolan yang terjadi didalam media sosial tersebut sangatlah lucu, dengan menggunakan bahasa informal dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, dan hampir semua hal mereka perbincangankn dengan penggemarnya, dari film, makanan, sampai dengan musik.

” Alasanku membuka akun instagaram, agar aku bisa lebih dekat dengan kalian”

Akun istagaramnyapun terasa berbeda, dan kita semakin bisa melihat bagai mana cara ia memimpin grupnya. Disela-sela kegemarannya mengunggah foto anjing kesayangannya, Ginger, ia juga melakukan promo untuk drama dan musikal yang dimainkan oleh membernya, memberikan sedikit bocoran akan lagu terbaru Girls’ Generation, mengajak penggemar untuk mendukung mereka di ajang YTMA, dan memberitahukan kapan jadwal perilisan video klip mereka. Foto ulang tahun personil Girls Generation, gathering, foto hasil pemotretan, dan foto-foto yang tidak pernah di tampilkan sebelumnya ia unggah melalu akunnya. Dan tentu saja mendapat sambutan hangat dari para penggemarnya di seluruh dunia. Jika ditotal sekurang-kurangnya sudah 500 foto dia unggah sejak pertama kali ia membuka akunnya tersebutnya 18 Maret 2013.

“Dengan kami ber-9 ini, masa sulit ataupun menyedihkan akan terasa mudah untuk dilalui”

Ratusan foto yang Taeyeon unggah, lebih bisa mengungkapkan dirinya dari titlenya sebagai seorang ‘leader’. Meskipun ia sudah menjadi idol selama 6 tahun, diluar Girls’ Generation, Taeyeon hanya seorang gadis biasa yang sangat suka sekali menggambar, mobil, yang masih main ‘The Sims” dan berbagai permainan lainnya, yang mengecatkan kuku ibunya. Dirumah dia bukanlah anak tertua, ia adalah anak tengah. 1 orang kakak Laki-laki dan 1 orang adik perempuan, dengan kedua orang tua yang begitu mencintainya dan rela ‘terbang’ kemanapun demi untuk melihat aksinya diatas panggung yang di tonton ribuan orang. Dia juga pencinta musik, dan juga telah berbagi beberapa lagu yang di covernya selama 15 detik dan di unggah melalui sosial medianya.

“Mereka 8 cewek ditambah aku menjadikannya 9 orang. Temanku yang sangat berharga”

Sebagai personil dari Girls Generation, Instagramnya sangatlah menunjukkan bahwa ia sangat mencintai personil yang lain dan juga penggemarnya. Ia telah memposting foto ke-8 sahabat terbaiknya dengan pose yang menunjukkan keakraban mereka. Saat banyak idol yang debut hampir bersamaan dengan Girls Generation melakukan solo karir, Taeyeon lebih memilih untuk menjadi ‘promotor’ bagi para member grupnya yang membintangi sebuah drama, dan hanya merilis 1 buah lagu solonya yang bukan untuk ost. Taeyeon juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada salah seorang fans melalu ikomen yang ia posting di instagramnya atas jepretan foto dirinya yang berada di airport seorang diri untuk menghadiri acara “Taeng o’clock”. Kini dia telah ‘membuka’ dirinya dan mempersilahkan masyarakat untuk lebih mengenal siapa dia sebenarnya.

“Saya selalu ingin menyampaikan hal ini, namun ini tidak mudah untuk saya lakukan; Terimakasih untuk fans yang telah memfotoku dengan sangat indah dimanapun dan kapanpun aku berada. Aku tau kalian
berusaha mengabil gambarku dengan cara terbaik meskipun aku sedang
cemberut. Aku tidaklah pandai dalam mengungkapkannya melalui tulisan, namun aku sangat berterimakasih, tidak jarang aku hampir meneteskan air mata!”

Yang paling penting, Instagramnya adalah bukti nyata akan dirinya yang sudah mengenalnaya sejak ia berteriak di Jembatan Dongho. Dia adalah seorang leader yang spesial, yang mampu membuat sekitarnya lebih bersinar, idol yang luar biasa karena selalu peduli terhadap penggemarnya, penyanyi yang incredible yang berhasil membuat orang kagum dengan suaranya, dan wakil dari Korea Selatan yang menyanyikan lagu kebangsaan di luar negeri. Namun pada akhirnya setalah 7 tahun, ia tetaplah seorang kid leader of Girls’ Generation, yang ingin terus bernyanyi dengan ke-8 partner in crime’nya selama ia mampu melakukannya.

“Aku ingin selamanya menjadi Girls’ Generation”

* Artikel Cr : soshified, http://www.soshified.com/2014/03/for-as-long-as-she-can-a-portrait-of-taeyeon-for-her-26th-birthday?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

* Picture Cr : Flying petals

* IndonesiaTrans : SONE Indonesia

Iklan

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s