mayangkoto

my story, my life

[ORIGINAL FEATURE] Dulu dan Sekarang: Girls’ Generation

Tinggalkan komentar

Dengan rilisnya single terbaru mereka, “Mr. Mr.”, sepertinya ini waktu yang bagus untuk membahas mereka, salah satu group Kpop terbesar dan terlaris di seri “Dulu dan Sekarang”. Jadi, mari kita lihat!

MASUK KE DUNIA BARU
Girls’ Generation mulai berkembang sebagai artis sejak debut pertama mereka tahun 2007. Sebagai girlgroup pertama yang debut setelah Super Junior di bawah naungan SM Entertainment, harapan terhadap group ini sangat tinggi. Dalam waktu 7 tahun sejak mereka debut, bisa dikatakan bahwa Girls’ Generation telah naik dan melampaui batas, membuat definisi bahwa standard girlgroup di masa depan tidak hanya sebatas berada di Korea, namun di negara – negara lain seperti Jepang dan China.

Kesembilan anggota yaitu Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun, membuat debut resmi mereka lewat single “Into The New World”. Saya berpikir kosep utama dalam lagu ini adalah jiwa muda yang tinggi dan kemurnian sebuah group – mereka memiliki perasaan sebagai girl group Korea pertama seperti Fin.K.L dan pendahulunya di SM Entertainment S.E.S. Lagunya menarik dan terlihat bebas, namun ada banyak potensi di dalam vocal dan dance mereka.

SUKSES
Girls’ Generation benar – benar mencapai kesuksesannya lewat pemecahan rekor nomer 1 hits, “Gee”. “Gee” tetap menjadi ciri khas SoNyeo (=girls), inti group itu – bagaimanapun, mereka berhasil merubah dirinya menjadi seorang dewasa muda daripada seorang remaja. “Gee” lagi, memiliki digital sound yang sederhana, namun tetap memikat. Lagu ini merupakan lagu yang paling sering dinyanyikan oleh cewek2 untuk pacar mereka saat di karaoke; “crab dance” yang populer membuat lagu ini lebih menyenangkan untuk dinyanyikan. Sebagai tambahan, ada perkembangan yang sangat baik dalam vocal dan dance mereka, menjadi lebih bersih dan rapi. Mereka mengangkat “Gee” dengan hits besar seperti “Tell Me Your Wish” (siapa yang tidak tahu gerakan kaki mereka?), dan tentu saja “Oh!” yang menduduki puncak atas di semua chart di seluruh Asia dan memenangkan penghargaan Disk Bonsang bergengsi. Ini adalah sebuah era di mana Girls’ Generation menyolidkan diri mereka sebagai sebuah girlgroup top.

Lagu dan Konsep Baru
Meskipun lagu ini tidak mengangkat Girls’ Generation menuju ketenaran (dan secara teknis berada pada saat promosi “Oh!”), satu lagu yang turut andil dalam pertumbuhan Girls’ Generation adalah “Run Devil Run”. Buatku, lagu ini merupakan lagu “nakal” yang klasik versi Girls’ Generation. Di samping fakta bahwa ini adalah salah satu lagu favorit saya secara personal, lagu ini menyobek image “innocent” mereka dan membuka gelombang baru Girls’ Generation yang lebih dewasa dan matang dalam berkonsep.

SEBUAH ERA BARU
Mereka mulai merambah budaya barat dengan hits mereka “The Boys”, walaupun lagu ini tidak memperlihatkan kesuksesan Sone yang berharap untuk melihatnya di Amerika, ini tetap menjadi hits terbesar di Korea. Bagaimanapun, lagu pendukung mereka “I Got A Boy” meraih kesuksesan yang besar, bahkan memenangkan gelar “Video of The Year” di Youtube Awards. Menurut saya, I Got A Boy merupakan lagu yang cukup progresif. Progresif dalam arti, ketika saya pertama kali mendengarkannya, saya sedikit bingung – terdengar seperti 3 lagu digabung menjadi satu. Bagaimanapun, semakin aku mendengarkannya, lagu itu menjadi semakin memikat. Selain itu, saya senang melihat gaya hip hop Girls’ Generation dengan gerakan dancenya yang rumit dan bajunya yang berkelas tinggi, yang secara sempurna mengubah image seorang remaja yang memegang lolipop yang kita lihat 6 tahun lalu.

MR. MR.
Dan akhirnya MV untuk “Mr. Mr.”, lagu terbaru Girls’ Generation telah rilis! Lagu tersebut memiliki suasana electro (mirip dengan lagu sebelumnya “Mr. Taxi”) dan club banger tertulis dalam lagu tersebut. Sebagai sebuah MV, MV ini sangat berbeda dengan MV sebelumnya. Warna dan efeknya sangat unik dan artistik, dan saat melihat perubahan drastis mereka sejak era “Into The New World”, mereka tetap terlihat mempesona seperti biasanya.

Ini menjadi sebuah bukti bahwa Girls’ Generation saat ini masih sangat kuat. Mereka terus bertumbuh dan menunjukkan SONEs image yang baru dan berbeda. Girls’ Generation mengambil alih semua charts tidak hanya di Korea, namun di seluruh dunia (catatan: mereka juga meraih semua puncak charts di Jepang selama karir mereka), juga berpartisipasi dalam industri lain (cth musikal, fashion, drama, dll.). Para member telah menemukan suara dan image mereka, dan saya sangat ingin melihat apalagi yang akan Girls’ Generation sajikan kepada kita di masa depan!


[ENGLISH]
[ORIGINAL FEATURE] Now and Then: Girls’ Generation

With the recent release of their latest title track, “Mr. Mr.,” it seems like a good time to cover Girls’ Generation, one of K-pop’s biggest and most influential groups in our “Then and Now” series. So, let’s take a look!

Into the new World
Girls’ Generation has really developed as artists since their debut back in 2007. As the first girl group to debut after the highly publicized Super Junior under SM Entertainment, expectations for this group were high. In the 7 years since their debut, it is safe to say that Girls’ Generation has gone above and beyond, redefining the standard for future girl groups in not only Korea, but in countries such as Japan and China as well.

The nine members Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, and Seohyun, made their official debut with “Into the New World.” I think the main appeal to this song is the youthfulness and pureness of the group—they possess the feel of first generation K-Pop girl groups such as Fin.K.L and SM Entertainment predecessors S.E.S. Their song is catchy and seemingly carefree, yet there is tons of visible potential in their vocals and dances.

Success
Girls’ Generation really hit mainstream success with their record-breaking number 1 hit, “Gee.” “Gee” still captures the 소녀 (so-nyuh, “girl”) essence of the group—however, they have clearly matured into young adults rather than teenagers. “Gee,” again, has a simple digital sound, but is extremely catchy. It’s one of those hits that girls will forever love to sing for their crush at karaoke; the popular “crab dance” makes the song that much more fun to sing. In addition there was a vast improvement with their vocals and dance—both were visibly cleaner this time around. They followed “Gee” up with big hits such as “Tell Me Your Wish” (how can one not know the leg dance?), and of course “Oh!” which topped charts all over Asia and won them the prestigious Disk Bonsang Award. It was this era that Girls’ Generation really solidified themselves as the top girl group in the game.

New Sounds and Concepts
Although it wasn’t the song that catapulted Girls’ Generation into fame (and was technically around the time of the “Oh!” promotions), one track that I think is notable in the growth of Girls’ Generation is “Run Devil Run.” This track to me was Girls’ Generation’s classy version of the quintessential “rebellious” song. Aside from the fact that it’s my personal favorite Girls’ Generation song, this was the first hit song that shed the “innocent” image and opened the doors for a new wave of Girls’ Generation that would be more artistically mature and diverse in their concepts.

The new era
The girls went more with a western culture vibe with their next hit “The Boys”; although this song didn’t see the success Sones hoped to see in the States, it was a huge hit in Korea. However, their follow-up track “I Got a Boy” did see mainstream success, even notching the girls the ‘Video of the Year’ title at the YouTube Awards. “I Got a Boy” was in my opinion a very progressive sound. So progressive to the point where, when I first heard it, I was a little confused—it almost sounded like three songs put together into one track. However, the more I listened to it, the catchier it became. In addition, I loved seeing a hip-hop side to Girls’ Generation with more intricate dancing and high-fashion street wear, which was a complete transformation from the lollipop-holding teenagers we saw 6 years before.

Mr.Mr
And finally, the music video for “Mr.Mr.,” Girls’ Generation’s latest track, has finally been released! The song has a very electro feel (a similar sound to their previous song “Mr. Taxi”) and has club banger written all over it. As for the music video, it’s very different from their past videos. The colors and effects are artistically unique, and while their look has drastically evolved since their fresh-faced “Into the New World” era, they continue to look flawless as usual.

It is evident that Girls’ Generation is still going strong. They continue to grow and show Sones new and improved images. Girls’ Generation has taken over charts not only in Korea, but worldwide (note: they also released Japanese chart toppers throughout their career), in addition to participation in other industries (i.e. musicals, fashion, dramas, etc.) as well. The members have found their image and sound, and I look forward to seeing what else Girls’ Generation has in store for us in the future!

by joy-k
via allkpop
idtrans SNSDIndoUpdate

Penulis: mayang koto

Crafter and gardener

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s