mayangkoto

my story, my life


3 Komentar

Referensi Buku Sulam

Kali ini aku mau berbagi sedikit informasi mengenai buku sulaman, barangkali ada yang berminat untuk mencoba membuat sulaman. Sebenarnya referensi buku sulaman aku juga tidak lengkap.Tapi aku berharap semoga informasi berkut ini bisa membantu 🙂

1. Teknik Dasar Menyulam untuk Pemula karangan A.J Boesra. Penerbit Kawan Pustaka

Gambar

Ini buku sulaman pertama yang aku punya. Aku beli buku ini tahun 2009. Buku ini lumayan menarik. Penjelasannya berupa pengenalan tusuk-tusuk dasar sulaman benang yang sudah aku kenal waktu SMP. Disini juga ditampilkan karya-karya dari pengarangnya. Hanya saja tidak disertai penjelasan cara membuatnya. Misalnya di buku ini ada penjelasan mengenai tusuk bullion, tapi tidak diterangkan bagaimana membentuk bunga dari tusuk ini.

2. Sulam Pita untuk Pemula karangan Yossi Zulkarnaen. Penerbit Terampil Kriya

Gambar

Kalau buku pertama berisi pengenalan tusuk-tusuk dasar sulaman benang, maka buku ini menjelaskan tusuk-tusuk dasar sulaman pita. Sebenarnya teknik sulam pita dan sulam benang tidak jauh berbeda. Hanya saja pada sulaman pita terdapat tusuk-tusuk yang tidak bisa dihasilkan dengan sulaman benang. Seperti tusuk looped, gathered rose, dan lain lain.

Pada buku ini penjelasan tentang teknik sulaman pita disampaikan cukup jelas

3. Panduan Lengkap Sulam karangan Ida Yuliati. Penerbit Tiara Aksa

Jujur saja buku ini sedikit mengecewakan. Karena pada judul di bukunya ditulis “dilengkapi dengan teknik sulam benang, pita, dan stumpwork. Tapi tidak ada satupun teknik stumpwork yang diajarkan disini. Pada karya stumpwork di galeri karyanya, pengarangnya bilang teknik stumpwork akan dibahas di buku selanjutnya. Logika aja, kalo emang belum akan dibahas di buku ini, gak usah dibawa-bawakan stumpworknya. Saya beli buku ini karena ada embel-embel stumpworknya tapi kenyataannya gak bisa belajar stumpwork di buku ini.

Dibalik kekurangan ada kelebihan. Contohnya teknik yang diajarkan dibuku ini lumayan banyak. Ada teknik-teknik yang tidak saya temui di buku lain.

3. Teknik Mudah Menyulam Bullion. Karangan A.J Boesra. Penerbit Kawan Pustaka

Buku karangan A.J Boesra kedua yang aku beli. Buku ini bagus. Karena aku akhirnya bisa membentuk bunga dengan teknik bullion dari buku ini. Teknik bullion dijelaskan secara gamblang di buku ini beserta teknik-teknik lain untuk melengkapi motif yang akan kita buat dengan teknik bullion

4. 38 Kreasi Sulam Apik. Karangan Ira Dhyani Indira. Penerbit Kriya Pustaka

Buku ini juga tergolong bagus. penjelasannya simpel tapi lumayan gampang untuk diikuti. Dalam buku ini ada penjelasan mengenai sulaman benang dan sulaman pita. Tapi yang paling bikin ngiler itu karya-karya yang ditampilkan pengarang. Ada satu yang gambar sepeda manis banget. Pengen banget bikin tapi sampe sekarang blom kesampaian 😦 . moga-moga bisa terlaksana dalam waktu dekat 🙂

sekian dulu ulasan singkat buku-buku sulaman yang saya punya. maafin kalo penjelasannya terlalu simpel dan singkat ya 😀